REVAL, ABADI PRATAMA and Edytiawarman, Edytiawarman and Joko, Susetyanto (2022) PENYELESAIAN PEMBIAYAAN MACET ATAS KENDARAAN BERMOTOR DALAM PEMBIAYAAN KONSUMEN PADA NSC FINANCE KELURAHAN LINGKAR BARAT KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
REVAL ABADI PRATAMA-B1A018097-SKRIPSII.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Dalam perjanjian pembiayaan konsumen, sering terjadi pembiayaan macet yang
dilakukan oleh konsumen yang tidak dapat membayar angsuran secara tepat
waktu, sehingga dapat mengakibatkan kerugian terhadap perusahaan pembiayaan
konsumen pada NSC Finance Lingkar Barat Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil
yang diperoleh pada NSC Finance Lingkar Barat Kota Bengkulu pada tahun 2021
total keseluruhan yang melakukan perjanjian pembiayaan atas kendaraan
bermotor sebanyak 255 konsumen, dan 10 konsumen yang melakukan
pembiayaan macet yang terus dikejar pembayaran angsuran oleh pihak NSC
Finance Lingkar Barat Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan
faktor-faktor penyebab pembiayaan macet atas kendaraan bermotor, serta untuk
menjelaskan penyelesaian pembiayaan macet atas kendaraan bermotor dalam
pembiayaan konsumen pada NSC Finance Lingkar Barat Kota Bengkulu.
Berdasarkan permasalahan yang diteliti, jenis penelitian yang akan dilakukan oleh
penulis bersifat empiris. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kota Bengkulu.
Metode pengumpulan data adalah melalui wawancara, dengan pihak yang terkait.
Penelitian ini menghasilkan data yang diperoleh oleh penulis dari NSC Finance
Lingkar Barat Kota Bengkulu, ada 10 konsumen yang melakukan pembiayaan
macet faktor utama penyebab konsumen melakukan pembiayaan macet yaitu: (1)
Memiliki hutang dengan pihak lain dengan jumlah 5 konsumen (2) Digunakan
dalam keperluan lain dengan jumlah 4 konsumen dan (3) Keadaan memaksa
(force meajure) dengan 1 jumlah konsumen Penyelesaian Pembiayaan Macet
terhadap 10 konsumen yang dilakukan oleh pihak NSC Finance Lingkar Barat
Kota Bengkulu yaitu dengan 3 cara : (1) Memberikan surat panggilan (SP) I
sampai III dan (2) Upaya negosiasi dengan konsumen dengan beralaskan asas
menitikberatkan kekeluargaan agar kedua belah pihak tidak saling merugikan dan
(3) Upaya kebijakan keringanan terhadap 10 konsumen.
Kata Kunci : Pembiayaan Konsumen - Kendaraan Bermotor - Perjanjian
Pembiayaan Konsumen
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law Science |
Depositing User: | irma rohayu |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 08:37 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 08:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16591 |