HALIMAH, AFIFAH NUR and Sutarno, Sutarno and Henny, Johan (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE NESTED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Quasi Experiment). Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Afifah Nur Haliamah-A1M018007-SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran IPA terpadu
tipe Nested terhadap keterampilan berpikir, Keterampilan Sosial dan keterampilan
mengorganisasi di dalam pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini
menggunakan dua kelas VII SMPN 13 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil
menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VII E sebagai kelas uji coba (eksperimen) dan siswa kelas VII D sebagai kelas
pembanding (kontrol). Jumlah siswa yang terlibat terdiri dari 29 siswa dari kelas VII E dan 29
siswa dari kelas VIID. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Research tipe nonequivalent
control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal
keterampilan berpikir, lembar observasi keterampilan sosial dan lembar angket evaluasi
diri keterampilan sosial siswa, lembar tes keterampilan mengorganisasi, lembar angket
respon siswa dan lembar obeservasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan Hasil analisis
data, Hasil perhitungan keterampilan berpikir dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai
signifikansi menunjukkan 0,016< 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil perhitungan
diperoleh besarnya effect size pada keterampilan berpikir menunjukkan bahwa terjadi pengaruh
yang sedang. Hasil perhitungan keterampilan sosial dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai
signifikansi menunjukkan 0,00< 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil perhitungan
diperoleh besarnya effect size pada keterampilan sosial menunjukkan bahwa terjadi pengaruh yang
sedang. Hasil perhitungan keterampilan mengorganisasi dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai
signifikansi menunjukkan 0,00< 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil perhitungan
diperoleh besarnya effect size pada keterampilan mengorganisasi menunjukkan bahwa terjadi
pengaruh yang tinggi. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model
pembelajaran IPA terpadu tipe nested memberikan pengaruh yang signifikan terhadap
keterampilan berpikir, keterampilan sosial dan keterampilan mengorganisasi siswa kelas VIIE
SMPN 13 Kota Bengkulu.
Kata kunci : IPA, Keterampilan sosial, keterampilan berpikir, keterampilan mengorganisasi,
Model Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Nested.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Science Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 03:56 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 04:55 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16720 |