IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL OF EDUCATIONAL RECONSTRUCTION UNTUK MENGUKUR PERUBAHAN KONSEPTUAL SISWA SMP PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

SIMANJUNTAK, MAMITHA and Euis, Nursaadah and Mellyta, Uliyandari (2022) IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL OF EDUCATIONAL RECONSTRUCTION UNTUK MENGUKUR PERUBAHAN KONSEPTUAL SISWA SMP PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. UNSPECIFIED thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of MAMITHA SIMANJUNTAK (NPM A1M018049).pdf] Text
MAMITHA SIMANJUNTAK (NPM A1M018049).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain pre�experimental design one-group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan
pada SMPN 04 Kota Bengkulu, sampel penelitian adalah kelas VII.8. Rendahnya
pemahaman siswa pada pembelajaran klasifikasi makhluk hidup di kelas VII.8
SMPN 04 Kota Bengkulu, mengakibatkan siswa mengalami miskonsepsi dan
menyebabkan sulitnya siswa memahami pembelajaran. Oleh sebab itu
diperlukannya rekonstruksi pembelajaran menggunakan model of educational
reconstruction untuk membawa konsep awal siswa yang mengalami miskonsepsi
ke konsep yang baru sesuai para ahli sehingga terjadinya perubahan konseptual
pada siswa. Model of educational reconstruction diadopsi dalam merancang
urutan kegiatan pembelajaran untuk menjembatani konsep siswa ke konsep
ilmuwan. Perubahan konseptual siswa diukur menggunakan soal four tier
diagnostics test, yaitu dengan soal 4 tingkatan, dilakukan uji pretest sebelum
pembelajaran dan posttest setelah pembelajaran. Perubahan konseptual siswa
dikategorikan dalam 3 kategori yaitu paham, miskonsepsi dan tidak paham. Hasil
pretest siswa yaitu 55.92% mengalami miskonsepsi, tidak paham konsep 23.14%,
paham konsep 17.77%, hasil posttest miskonsepsi siswa turun menjadi 36,87%,
tidak paham konsep 18,12%, paham konsep 46,04%. Hasil implementasi desain
pembelajaran berbasis MER pada materi klasifikasi makhluk hidup dapat
membawa konsepsi siswa ke konsepsi yang sesuai dengan ilmuwan dengan
ditandai dengan adanya perubahan konseptual pada kategori paham materi.
Kata kunci: Pembelajaran IPA, Model of educational reconstruction, Perubahan
konseptual siswa

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Science Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:53
Last Modified: 16 Oct 2025 02:41
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16727

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor