EFENDI, KURNIAWAN and Indra, Sakti and Ariefa, Primair Yani (2022) ANALISIS HAMBATAN BELAJAR IPA SECARA ONLINE BAGI SISWA SMPN 05 SELUMA. UNSPECIFIED thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI KURNIAWAN _A1M018010.pdf [thumbnail of SKRIPSI KURNIAWAN _A1M018010.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI KURNIAWAN _A1M018010.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan belajar IPA secara online di era pandemi
Covid-19. Penelitian dilakukan di SMPN 05 Seluma dengan menggunakan penelitian deskritif. Instrumen penelitian
berupa observasi,wawancara, angket, dokumentasi. Responden penelitian berjumlah 100 siswa. Hasil penelitian
menunjukkan 1) berdasarkan observasi semua siswa melakukan pembelajaran dirumah, 2) wawancara semua siswa
menggunakan whatsApp, 3) berdasarkan hasil analisis ditemukan terdapat 7 hambatan dalam belajaran IPA online
pada masa pandemi covid-19 di SMPN 05 Seluma yaitu jaringan internet kurang memadai sebanyak 60%, tidak
memiliki komputer/laptop sebanyak 80%, hambatan jaringan listrik kurang memadai sebanyak 80% , tidak
memiliki HP sebanyak 21%, kesulitan memahami pelajaran sebanyak 39%, hambatan sangat rendah terdapat tidak
dapat bertanya langsung kepada guru sebanyak 20%, hambatan bosan sebanyak 14%. 4) Hasil belajar siswa dengan
cara belajar online adalah tergolong nilai cukup, dengan rata-rata sebesar 76,5 dengan standar deviasi sebesar 21,7.
Kata kunci: Hambatan, Pembelajaran Online SMPN 05 Seluma
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Science Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 01:20 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 02:56 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16839 |