PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII DI SMP 9 KOTA BENGKULU

AFRILIA, ZARA and Nirwana, Nirwana and Henny, Johan (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII DI SMP 9 KOTA BENGKULU. UNSPECIFIED thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI ZARA FIXX (1).pdf] Text
SKRIPSI ZARA FIXX (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based
learning terhadap peningkatan pemahaman literasi lingkungan pada pembelajaran
pemcemaran lingkungan pada siswa kelas VII semester II di SMP 9 Kota
Bengkulu Penelitian dilakukan di dua kelas VII SMPN 9 Kota Bengkulu. Sampel
penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling yang sebelumnya
telah diuji normalitas dan homogenitas diperoleh siswa kelas VIIA sebagai kelas
uji coba (eksperimen) dan siswa kelas VII B sebagai kelas pembanding (kontrol).
Jumlah siswa yang terlibat sebanyak 54 siswa yang terdiri dari 27 siswa dari kelas
VIIA dan 27 siswa dari kelas VIIB. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment
Research tipe nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes untuk pengetahuan literasi lingkungan dan angket untuk sikap
literasi lingkungan pada materi pencemaran lingkungan. Hasil analisis data, dapat
ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara siswa yang
menggunakan model Problem based learning (PBL), yaitu hasil uji-t pada thitung
sebesar 1.59 kurang dari ttabel sebesar 2.120. Sehingga Ho diterima dan Ha
ditolak. Hasil ini juga memperkuat bahwa kedua kelas homogen, sehingga dapat
disimpulkan bahwa kedua kelas mempunyai kemampuan yang sama.
Kata kunci : PBL, Literasi Lingkungan, Pencemaran Lingkungan, Smp 9 Kota
Bengkulu.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Science Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:59
Last Modified: 16 Oct 2025 02:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16872

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200