PANGESTI, FEBRIANTIKA PUTRI and Bhakti, Karyadi and Mellyta, Uliyandari (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY PHET PADA MATERI KALOR UNTUK SMP KELAS VII. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI-FEBRIANTIKA PUTRIII.pdf [thumbnail of SKRIPSI-FEBRIANTIKA PUTRIII.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-FEBRIANTIKA PUTRIII.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis discovery learning
berbantuan virtual laboratory PhET pada materi kalor untuk SMP kelas VII. Jenis
penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan (Research and
Development) model 4-D, dengan pembatasan isi pada tahap develop yaitu uji
penggunaan produk secara terbatas oleh peserta didik, sedangkan tahap
disseminate yaitu penyebaran hasil penelitian yang dipublikasi dalam jurnal
ilmiah dan sosial media berupa link. Teknik pengumpulan data yang digunakan
berupa wawancara dan angket yang diberikan kepada guru dan peserta didik.
Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli dan angket respon
peserta didik untuk mengetahui kelayakan serta respon peserta didik terhadap E�LKPD yang dikembangkan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif
kualitatif. Validasi produk E-LKPD dilakukan oleh 2 ahli materi, 2 ahli media dan
2 praktisi. Uji penggunaan E-LKPD dilakukan di SMPN 1 Kota Bengkulu dengan
subyek penelitian yang terdiri dari 20 peserta didik kelas VII. Berdasarkan hasil
penelitian disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan memperoleh rata-rata
penilaian sebesar 0,97 dalam kategori validitas tinggi. Sedangkan respon peserta
didik terhadap bahan ajar E-LKPD diperoleh persentase rata-rata sebesar 94,32%
dalam kategori sangat baik. Simpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak oleh tim ahli dan mendapat
respon positif dari peserta didik untuk dilanjutkan dalam uji coba skala luas untuk
melihat efektivitas produk.
Kata kunci : Articulate Storyline, Discovery Learning, E-LKPD, Virtual
Laboratory PhET.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 08:39 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 08:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16882 |