PUYANTI, PUYANTI and Bhakti, Karyadi and Nirwana, Nirwana (2022) PENGEMBANGAN E-KOMIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK PESERTA DIDIK SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI-PUYANTI-PENDIDIKAN IPA.pdf [thumbnail of SKRIPSI-PUYANTI-PENDIDIKAN IPA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PUYANTI-PENDIDIKAN IPA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar e-komik berbasis
Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Sistem Pencernaan
Manusia yang tervalidasi oleh para ahli. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan
Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D, yang terdiri dari 4
tahapan yaitu, Define, Design, Develop dan Disseminate. Penelitian dilakukan di
SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Teknik analisis validasi yang digunakan adalah
formula Aiken V. Hasil penelitian ini berupa pengembangan e-komik berbasis
Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Sistem Pencernaan
Manusia untuk peserta didik SMP. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, media
dan ahli praktis dapat dinyatakan bahwa bahan ajar e-komik sangat valid yang
ditunjukkan dengan masing-masing skor 0,97 oleh ahli materi, ahli media 0,95,
dan praktisi 1,00 dengan total rata-rata 0,93. Hasil respon peserta didik terhadap
bahan ajar e-komik pada masing-masing aspek memperoleh persentase rata-rata
sebesar 93,52% pada aspek materi, 92,52% aspek tampilan dan 90,28 aspek
bahasa dengan kategori sangat baik, yang artinya bahan ajar e-komik yang
dikembangkan mendapat respon positif dari sebagian besar peserta didik SMP
kelas VIII.
Kata Kunci: CTL, E-komik, pencernaan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 08:55 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 08:55 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16883 |