INAYAH, CLARA FADHILAH and Alfra, Siagian and Nur, Aliyyah Irsal (2022) ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL PADA BUKU PENDAMPING MATEMATIKA TERBITAN ERLANGGA MATERI SPLDV KELAS VIII BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C017040_CLARA FADHILAH INAYAH_SKRIPSI.pdf [thumbnail of A1C017040_CLARA FADHILAH INAYAH_SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C017040_CLARA FADHILAH INAYAH_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal pada buku
Pendamping Matematika SMP kelas VIII Terbitan Erlangga materi Sistem
Persamaan Linier Dua Variabel berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Taksnomi
Bloom Revisi yang digunakan, yaitu dimensi proses kognitif yang meliputi:
mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4),
mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatitf. Sumber data penelitian pada
penelitian ini adalah soal pilihan ganda dan soal esai materi SPLDV pada
buku pendamping matematika kelas VIII. Soal-soal pilihan ganda dan esai
yang dianalisis berjumlah 110 soal dengan tingkat kognitif mengenali (C1)
sebanyak 2 soal (1,81%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 99 soal ( 90%),
menganalisis (C4) sebanyak 9 soal (8,18%) serta tidak adanya tingkat kognitif
memahami (C2), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Soal pilihan ganda dan
esai pada SLPDV ini mendominasi pada tingkat kognitif mengaplikasikan (C3).
Sehingga, didapat bahwa sebaran tingkat kognitif soal pilihan ganda dan soal esai
materi SPLDV belum proporsional.
Kata Kunci: Analisis, Soal, Buku Pendamping Matematika, Tingkat
Kognitif, Taksonomi Bloom Revisi.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 03:12 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 03:12 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16893 |