SAPUTRI, RAMA NIA and Agus, Susanta and Hanifah, Hanifah (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAPHASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA PADA MATERIARITMETIKA SOSIAL KELAS VII DISMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C018049_Rama Nia Saputri_Angkatan 2018_Skripsi.pdf [thumbnail of A1C018049_Rama Nia Saputri_Angkatan 2018_Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C018049_Rama Nia Saputri_Angkatan 2018_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi
arimetika sosial kelas VII di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP
Negeri 6 Kota Bengkulu pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek
penelitian ini terdiri dari kelas VII D sebagai kelas eksperimen yang
menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas VII C sebagai
kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran Ekspositori. Pengumpulan data
dilakukan dengan metode tes tertulis tes akhir posttest. Hasil dari pengujian
hipotesis diperoleh nilai , yakni dan nilai signifikan
(2-tailed) lebih besar dari taraf signifikan yakni . Adapun Nilai rata�rata hasil belajar kelas eksperimen yang diperoleh yakni 64,85 dan hasil belajar
dari kelas kontrol yang diperoleh yakni 49,44. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penerapan model
pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada
materi arimetika sosial kelas VII di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu yang dilihat
dari rata-rata nilai hasil belajar matematika.
Kata Kunci : Discovery Learning, Eksperimen Semu, Ekspositori, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 06:27 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 06:27 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16904 |