DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU

ZAYADI, RAHMAT and Nur, Aliyyah Irsal and Teddy, Alfra Siagian (2022) DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of RAHMAT ZAYADI_SKRIPSI_A1C018004_PEND. MATEMATIKA.pdf] Text
RAHMAT ZAYADI_SKRIPSI_A1C018004_PEND. MATEMATIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan serta faktor
penyebab yang terjadi pada peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika
materi garis singgung persekutuan dua lingkaran. Jenis penelitian ini adalah
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan
menggunakan tes diagnostik dan wawancara diagnostik. Subjek penelitian ini
ialah peserta didik kelas IX-G dan kelas IX-H SMP Negeri 17 Kota Bengkulu
yang berjumlah 44 peserta didik. Tes diagnostik berupa ujian tertulis yang terdiri
dari 5 soal uraian yang telah valid berdasarkan validasi oleh validator dengan
perhitungan Aiken’s V. Tes diagnostik diberikan kepada seluruh peserta didik,
sedangkan wawancara dilakukan kepada peserta didik yang melakukan kesalahan
dalam menyelesaikan soal tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Jenis
kesalahan yang dilakukan peserta didik berupa kesalahan konsep dengan rata-rata
57,27%, kesalahan interpretasi bahasa dengan rata-rata 16,82%, kesalahan
prosedur dengan rata-rata 26,82%, dan kesalahan berhitung dengan rata-rata
12,94%, 2) faktor penyebab terjadinya kesalahan oleh peserta didik dalam
menyelesaikan soal tes yaitu berupa faktor internal dengan rata-rata 87,88% yang
terdiri dari faktor ketelitian, minat, dan kemampuan dasar. Kesalahan yang terjadi
dapat dikurangi dengan menekan faktor penyebabnya.
Kata Kunci : Deskriptif, Diagnosis Kesalahan Siswa, Kualitatif, Soal Uraian.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:13
Last Modified: 11 Oct 2023 07:13
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16908

Actions (login required)

View Item
View Item