DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU

CAROLINA, MELANI and Ringki, Agustinsa and Tria, Utari (2022) DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi Melani Carolina.pdf] Text
Skripsi Melani Carolina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan serta faktor
penyebab yang dilakukan peserta didik pada materi keliling dan luas bangun datar.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan
data dilakukan menggunakan tes diagnostik dan wawancara diagnostik. Subjek
penelitian ini ialah kelas IV A SD Negeri 69 Kota Bengkulu yang berjumlah 22
peserta didik. Tes diagnostik berupa ujian tertulis yang terdiri dari 5 soal yang telah
valid berdasarkan perhitungan Aiken’s V. Tes diagnostik diberikan kepada seluruh
peserta didik, sedangkan wawancara diagnostik dilakukan kepada peserta didik
yang melakukan kesalahan saat menyelesaikan soal tes yang diberikan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: Kesalahan konsep dengan rata-rata 48,16% untuk
setiap soal, Kesalahan interpretasi bahasa dengan rata-rata 11,35% untuk setiap
soal, Kesalahan prosedur dengan rata-rata 86,1 untuk setiap soal, dan Kesalahan
berhitung dengan rata-rata 34,8% untuk setiap soal,
Kata Kunci : Deskriptif, Diagnosis Kesalahan Peserta Didik, Kualitatif.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:09
Last Modified: 12 Oct 2023 03:09
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16925

Actions (login required)

View Item
View Item