BUDIMAN, AWANG and Teddy, Alfra Siagian and Edi, Susanto (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS BENGKULU PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi_Awang Budiman_A1C018025.pdf [thumbnail of Skripsi_Awang Budiman_A1C018025.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Awang Budiman_A1C018025.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik model
Problem Based Learning dengan konteks Bengkulu pada materi bangun ruang sisi
datar yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah
penelitian pengembangan yang menerapkan model pengembangan 4D dengan 4
tahapan yaitu, define, design, develop dan disseminate. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pengembangan lembar kerja peserta didik model Problem
Based Learning dengan konteks Bengkulu pada materi bangun ruang sisi datar
termasuk dalam kategori : (1) sangat valid berdasarkan 44 aspek penilaian dengan
memperoleh kecenderungan sangat setuju dengan kriteria sangat valid. Hasil
validasi menunjukkan : (a) pada validasi materi lembar kerja peserta didik telah
sesuai dengan materi bangun ruang sisi datar, sintaks Problem Based Learning
dan berkonteks Bengkulu, (b) tulisan, gambar, dan desain pada lembar kerja
peserta didik menarik sehingga mudah digunakan pada validasi konstruksi, (c)
kalimat yang digunakan sederhana, mudah dipahami dan jelas serta penggunaan
tanda baca yang tepat pada validasi bahasa, (2) sangat praktis dari 12 aspek
penilaian dengan kecenderungan sangat setuju yang didapat dari petunjuk
pengguna, langkah-langkah, dan permasalahan pada lembar kerja peserta didik
mudah dipahami dan mudah digunakan, (3) Efektif berdasarkan hasil perhitungan
N Gain kemampuan pemahaman konsep matematis dengan skor rata-rata 0,83
berada pada kategori tinggi dan ketuntasan belajar klasikal peserta didik sebesar
87% tuntas KKM.
Kata Kunci: Konteks Bengkulu, Lembar Kerja Peserta Didik, Penelitian
Pengembangan, Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 06:56 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 06:56 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16937 |