AGINDA, MENTARI MUGHNI and Ringki, Agustinsa and Nurul, Astuty Yensy B (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_MENTARI MUGHNI AGINDA_A1C018032.pdf [thumbnail of SKRIPSI_MENTARI MUGHNI AGINDA_A1C018032.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_MENTARI MUGHNI AGINDA_A1C018032.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran
Connecting, Organizing, Reflecting, Extending terhadap kemampuan pemahaman
konsep matematis peserta didik SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian
yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment research)
dengan desain one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini
seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Sampel penelitian
adalah satu kelas eksperimen yang dipilih secara purposive sampling yaitu kelas
VIII G yang terdiri dari 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen
tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil uji hipotesis menunjukkan
bahwa nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 < taraf signifikan (α) = 0,05 dan didukung
oleh nilai N-Gain sebesar 0,706 dengan tafsiran cukup efektif. Oleh karena itu,
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari model pembelajaran
Connecting, Organizing, Reflecting, Extending terhadap kemampuan pemahaman
konsep matematis peserta didik SMP Negeri 2 Kota Bengkulu dan model
pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending efektif terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik SMP Negeri 2 Kota
Bengkulu.
Kata Kunci: Connecting, Organizing, Reflecting, Extending, Kemampuan
Pemahaman Konsep Matematis
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 01:38 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 01:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16945 |