KHOIRIYAH, MIFTAKHUL JANNAH and Zamzaili, Zamzaili and Hari, Sumardi (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi_Miftakhul Jannah K_2022.pdf [thumbnail of Skripsi_Miftakhul Jannah K_2022.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Miftakhul Jannah K_2022.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta
didik yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih
tinggi dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian
Posttest-Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta
didik kelas VIII SMP Negri 17 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2021/2022.
Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Simple Random
sampling dimana kelas VIII G berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas
eksperimen yang diajar menggunakan model Pembelajaran Problem Based
Learning dan kelas VIII E berjumalah 30 peserta didik sebagai kelas kontrol yang
diajar dengan model pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan pada
penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar atau posttest yang berbentuk soal
uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik
kelas eksperimen adalah 58.63 dan kelas kontrol adalah 48.33, kemudian
dilakukan uji t-tes one tail diperoleh nilai yakni 2.209 > 1.672.
sehingga dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar matematika peserta didik yang
diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi dari
hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
Konvensional.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 01:47 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 01:47 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16947 |