Anjasti, Dwi and Rambat, Nur Sasongko and Nina, Kurniah (2022) KENDALA ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Deskriptif Kualitatif di PAUD Kasih Ibu Kabupaten Bengkulu Utara). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI DWI ANJASTI.pdf [thumbnail of SKRIPSI DWI ANJASTI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI DWI ANJASTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (11MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan apa saja kendala yang
dihadapi oleh orang tua dalam membimbing anak belajar di rumah pada masa
Pandemi Covid 19 Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Ibu Bengkulu Utara. Jenis
penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa orangtua
mengalami kendala menyediakan fasilitas anak belajar dari rumah seperti tidak
memiliki handphone, akses internet yang sulit dijangkau dan kouta internet yang
mahal, orangtua mengalami kendala yang berkaitan dengan metode membimbing
anak belajar dari rumah seperti kurangya peran orangtua dalam hal mengevaluasi
anak memahami materi yang diberikan oleh guru serta orangtua tidak ada
memotivasi anak yang malas dalam belajar daring, orangtua mengalami kendala
berkaitan dengan materi seperti kurang memahami materi yang disampaikan oleh
guru dan tidak memiliki waktu yang optimal membimbing anak belajar dan cara
orangtua mengatasi kendala yang berkaitan dengan apablia terkendala
menyediakan fasilitas anak belajar yaitu meminjam fasilitas seperti hp tersebut
kepada saudara, kemudian terkait dengan metode bimbingan orangtua kurang
memahami materi yang disampaikan oleh guru serta cara orangtuua mengatasi
lebih ke menerima apa adanya kondisi saat ini. Serta cara orangtua mengatahui
anak memahami materi yang disampaikan oleh guru hanya bertanya kepada anak
tersebut. Sehingga disarankan untuk peneliti selanjutnya agar lebih
mengembangkan penelitian ke tahap selanjutnya dengan metode penelitian yang
berbeda.
Kata Kunci : Pembelajaran, Daring, Kendala Orangtua , Covid-19, Membimbing
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 04:02 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 04:02 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16982 |