KURNIASI, KURNIASI and Nasirun, Nasirun and Didik, Suryadi (2022) PENERAPAN BERMAIN KONSTRUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B1 TK AISYIYAH 01 TABA PENANJUNG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI KURNIASI A1I018064.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak
melalui bermain konstruktif kelompok B1 TK Aisyiyah 01 Taba Penanjung dalam
penguatan jari- jemari dan tangan, fleksibilitas jari- jemari dan tangan, serta koordinasi
mata dan tangan anak. Metode penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subjek penelitian ini yaitu anak pada kelompok B1 di TK Aisyiyah 01 Taba Penanjung
yang berjumlah 14 orang. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan
metode observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik dengan
rumus rata-rata dan Uji T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan dari
siklus I pertemuan II dengan rata-rata (1,9) dikategorikan mulai berkembang (MB)
dan siklus II pertemuan II dengan rata-rata (3,0) dikategorikan berkembang sesuai
harapan (BSH). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa metode bermain konstruktif
dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK Aisyiyah 01 Taba
Penanjung. Saran penelitian ini yaitu disarankan kepada guru-guru untuk dapat
menerapkan metode bermain konstruktif ke dalam pembelajaran keterampilan motorik
halus anak. Saran bagi peneliti agar memanfaatkan metode bermain konstruktif untuk
meningkatkan keterampilan motorik halus anak.
Kata Kunci : Kemampuan Motorik Halus, Bermain Konstruktif, Playdough
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
| Depositing User: | 034 Septi Septi |
| Date Deposited: | 16 Oct 2023 08:06 |
| Last Modified: | 16 Oct 2023 08:06 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16994 |

