Novriyanti, Lisa and Delrefi, Delrefi and Melia, Eka Daryati (2022) MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI MELALUI TEKNIK KOLASE DENGAN MEDIAAMPAS KELAPA DI KELOMPOK B PAUD TELADAN CURUP SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI LISA NOVRIYANTI_A1I018069_PGPAUD.pdf [thumbnail of SKRIPSI LISA NOVRIYANTI_A1I018069_PGPAUD.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI LISA NOVRIYANTI_A1I018069_PGPAUD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas seni pada anak melalui teknik
kolase dengan media ampas kelapa di kelompok B PAUD Teladan Curup Selatan.
Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan
sebanyak dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B berjumlah
16 orang anak yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki 7 orang anak perempuan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah rata-rata dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa melalui teknik kolase dengan media ampas kelapa dapat
meningkatkan kreativitas seni anak dari rata-rata siklus I sebesar 3.49 dengan kategori
cukup ke rata-rata siklus II sebesar 4.26 dengan kategori baik. Melalui penerapan
kegiatan kolase dengan media ampas kelapa ini dapat meningkatkan kreativitas seni
yang dilakukan dengan mengkolase 4 kali dalam 2 minggu, dari anak yang kurang
kreatif meningkat menjadi anak yang sangat kreatif.
Kata Kunci: kreativitas seni, teknik kolase, media ampas kelapa
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 08:28 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 08:28 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16996 |