PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5–6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA ARGA MAKMUR

Utami, Triwanti Puteri and Nasirun, Nasirun and Wembrayarli, Wembrayarli (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5–6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA ARGA MAKMUR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_TRIWANTI PUTERI UTAMI_A1I017062...pdf] Text
SKRIPSI_TRIWANTI PUTERI UTAMI_A1I017062...pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio
visual terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5–6 tahun di TK Dharma
Wanita Arga Makmur. Penelitian ini akan dilakukan dengan metode kuantitatif jenis
Quasi Experimental Design dengan desain yang digunakan adalah Nonequivalent
Control Group Design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode
observasi dan dokumentasi dengan memberikan tanda checklist (√) pada kolom
kriteria yang disediakan di lembar pengamatan berupa pernyataan mengenai pengaruh
media pembelajaran terhadap perkembangan bahasa ekspresif anak pada kelompok B.
Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling sistematis dengan
jumlah 48 orang anak di kelas B TK Dharma Wanita Arga Makmur yang dibagi
menjadi dua kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian ini diperoleh nilai thitung
> ttabel dengan nilai 12,0545 > 2,0129 sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis
awal (Ha) diterima. Hal ini disebabkan hasil nilai thitung lebih besar dari nilai t tabel.
Dengan demikian terbukti bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual
terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5–6 tahun di TK Dharma Wanita Arga
Makmur dan memiliki hubungan yang sedang. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan
anak menjawab pertanyaan yang lebih komplek, menyebutkan kelompok gambar yang
memiliki bunyi yang sama, berkomunikasi dengan lisan, memiliki perbendaharaan kata
serta simbol-simbol untuk persiapan menulis dan berhitung. Menyusun kalimat
sederhana dalam struktur lengkap, dan memiliki lebih banyak kata untuk
mengekspresikan ide kepada orang lain.
Kata Kunci : Bahasa Ekspresif, Media Audio Visual, Perkembangan Bahasa

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:31
Last Modified: 20 Oct 2023 01:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17077

Actions (login required)

View Item
View Item