Vianurita, Skolastika Filia Alvita and Andy, Makhrian and Yuliati, Yuliati (2023) PENGARUH CLICKBAIT JUDUL BERITA MEDIA ONLINE VIVA.co.id TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA S1 JURNALISTIK UNIVERSITAS BENGKULU ANGKATAN 2018-2019. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI SKOLASTIKA FILIA ALVITA VIANURITA D1C018026 - Skolastika Filia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh clickbait judul berita
media online VIVA.co.id terhadap persepsi mahasiswa S1 Jurnalistik
Universitas Bengkulu angkatan 2018-2019. Dalam penelitian ini, teori yang
digunakan ialah teori uses and gratification. Penelitian ini menggunakan
metode pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian untuk mengumpulkan
data menggunakan kuisioner tertutup. Jumlah responden dalam penelitian ini
adalah 50 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive
sampling. Metode analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier
sederhana. Data diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS STATISTICS 25.
Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh
clickbait judul berita media online VIVA.co.id terhadap persepsi mahasiswa
S1 Jurnalistik Universitas Bengkulu angkatan 2018-2019. Persepsi tersebut
dipengaruhi oleh clickbait sebesar 33,8% sedangkan sisanya 66,2%
dipengaruhi oleh faktor diluar dari penelitian ini. Faktor dari variabel x
cenderung memiliki persentase yang hampir sama di semua indikator yakni
sebesar 14,26 % dan 14,27 %. Seperti hal nya variabel x, variabel y juga
memiliki persentasi yang hampir sama untuk ketiga indikatornya yakni 33,23
%, 33,29% dan 33,3%. Peran teori uses and gratification dalam penelitian ini
yakni terlihat dari bagaimana individu/mahasiswa bebas dalam memilih dan
menentukan pemenuhan kebutuhannya terhadap pemberitaan dengan persepsi
yang ditimbulkan setelah membaca judul clickbait pada berita media online
VIVA.co.id.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Journal |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 02:58 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 02:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17099 |