OKTAVIANI, MENTARI EKA and Bahri, Samsul and Mawardi, Mawardi (2023) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN STRATEGI PENINGKATANNYA PADA JALAN SAMSUL BAHRUN DAN JALAN SUTAN SYAHRIR KECAMATAN ARGAMAKMUR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![G1B018002 Mentari Eka Oktaviani Skripsi - Mentari Oktaviani.pdf [thumbnail of G1B018002 Mentari Eka Oktaviani Skripsi - Mentari Oktaviani.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
G1B018002 Mentari Eka Oktaviani Skripsi - Mentari Oktaviani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Jalan Samsul Bahrun dan Jalan Sutan Syahrir adalah ruas jalan di Kecamatan
Argamakmur dengan tingkat kesibukan lalu lintas dan hambatan samping yang
cukup padat sehingga terjadi kemacetan dijam-jam sibuk. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui kinerja ruas jalan, tingkat pelayanan jalan, dan
strategi peningkatan di lokasi ini. Metode penelitian yang digunakan adalah
dengan pengamatan secara langsung di lapangan yang berlandaskan Pedoman
Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Hasil dari penelitian pada kondisi
eksisting memiliki nilai kapasitas jalan sebesar 2534,00 skr/jam untuk Jalan
Samsul Bahrun dan Jalan Sutan Syahrir sebesar 2554,20 skr/jam. Volume lalu
lintas di Jalan Samsul Bahrun pada pukul 12.10 WIB-12.15 WIB sebesar
11129,20 skr/jam dan Jalan Sutan Syahrir pukul 16.15 WIB-16.30 WIB sebesar
1143,40 skr/jam. Kecepatan arus bebas Jalan Samsul Bahrun sebesar 40,41
km/jam dan Jalan Sutan Syahrir sebesar 40,79 km/jam. Waktu tempuh di Jalan
Samsul Bahrun 33,52 detik dengan kecepatan tempuh 21,48 km/jam dan Jalan
Sutan Syahrir 18,65 detik dengan kecepatan tempuh 38,61 km/jam. Nilai derajat
kejenuhan dan kevepatan tempuh dasar untuk kedua ruas jalan sebesar 0,45
sehingga didapatkan tingkat pelayanan jalan di kategori C. Jenis skenario
peningkatan jalan yang dipilih pada Jalan Samsul Bahrun dan Jalan Sutan
Syahrir adalah skenario 3 yaitu pelarangan kendaraan berhenti atau parkir dan
pejalan kaki, karena skenario ini menghasilkan nilai derajat kejenuhan lebih
kecil dibandingkan dengan skenario lainnya sehingga ini menyebabkan tingkat
pelayanan jalan menjadi lebih bagus. Kapasitas jalan pada skenario 3 ini
sebesar 3015,14 skr/jam di Jalan Samsul Bahrun dan Jalan Sutan Syahrir
sebesar 2791,80 skr/jam. Jalan Samsul Bahrun memiliki kecepatan arus bebas
sebesar 50,13 km/jam sedangkan Jalan Sutan Syahrir sebesar 46,48 km/jam.
Jalan Samsul Bahrun memiliki waktu tempuh sebesar 16,00 detik dengan
kecepatan tempuh sebesar 45 km/jam dan Jalan Sutan Syahrir sebesar 17,14
detik dengan kecepatan tempuh sebesar 42 km/jam. Nilai derajat kejenuhan di
Jalan Samsul Bahrun sebesar 0,37 dan Jalan Sutan Syahrir sebesar 0,41
sehingga menghasilkan tingkat pelayanan jalan di kategori B dengan arus stabil,
namun kecepatan dibatasi oleh kondisi lalu lintas.
Kata Kunci: Kinerja Ruas Jalan, PKJI 2014, Strategi Peningkatan Jalan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 02:48 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 02:48 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17314 |