ENUMBI, LEGISON and Hardiansyah, Hardiansyah and Mase, Lindung Zalbuin (2023) ANALISIS KINERJA JARINGAN JALAN AKIBAT CAR FREE DAY PADA JALAN PARIWISATA KOTA BENGKULU (Studi Kasus: Kawasan Taman Pantai Berkas Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Hasil Revisi Sidang (1) - Legison Enumbi.pdf [thumbnail of Hasil Revisi Sidang (1) - Legison Enumbi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Hasil Revisi Sidang (1) - Legison Enumbi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Salah satu wacana dari program pemerintah di kota bengkulu dalam menurunkan
pencemaran udara adalah melaksanakan kegiatan Car Free Day setiap 2 minggu.
Pelaksanaan kegiatan ini direncanakan beberapa lokasi di kota bengkulu salah
satunya yaitu di Jl. Pariwisata pantai panjang Kota Bengkulu. Tentu dengan
kegiatan ini berlangsung, maka jalan tersebut ditutup dan akan menimbulkan
beberapa dampak yaitu terjadinya peningkatan volume arus lalu lintas pada jalan
alternatif di antaranya Jl. Bencoolen, Jl. Ahmad Yani dan Jalan Kerapu.
Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan jaringan jalan di kawasan Taman
Berkas Pantai Panjang Kota Bengkulu untuk mengetahui kinerja jaringan jalan
akibat Car Free Day. Pemodelan jaringan jalan yang dilakukan pada penelitian
ini yaitu dengan menambahkan skenario penambahan kapasitas ruas jalan dan
pengalihan arus lalu lintas saat Car Free Day dengan menggunakan bantuan
software ZIN Macrosimulation. Metode penelitian dilakukan dengan survei
geometrik jalan dan arus lalu lintas di tiga zona untuk mengetahui kinerja
jaringan jalan dalam kondisi eksisting. Hasil pemodelan kondisi eksisting dan
skenario 1, terjadi peningkatan nilai derajat kejenuhan tertinggi pada jalan
Bencoolen yang awalnya 0,737 menjadi 0,763 dengan tingkat pelayanan D.
Skenario 2 juga mengalami peningkatan nilai derajat kejenuhan pada jalan
pariwisata yaitu 0,796 dengan tingkat pelayanan C menjadi 0,825 yaitu tingkat
pelayanan D. Hal ini menunjukan perlunya solusi untuk mengatasi kepadatan
kendaraan aruslalu lintas saat Car Free Day. Hasil pemodelan dengan modifikasi
jalan menunjukan tingkat pelayanan jalan pada setiap ruas jalan lebih baik dari
tingkat pelayanan jalan pada kondisi di lapangan. Hasil pemodelan dengan
skenario menggunakan data arus lalu lintas 5 tahun kedepan juga menunjukan
tingkat pelayanan jalan lebih baik dari model eksisting, hal ini menunjukan
jaringan jalan dengan skenario merupakan solusi yang sangat baik untuk
mengatasi kepadatan arus lalu lintas saat Car Free Day.
Kata Kunci: Car Free Day, ZIN Macrosimulation, Pemodelan Jaringan Jalan,
Kinerja Jaringan Jalan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 01:31 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 01:31 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17359 |