STUDI KECEPATAN KENDARAAN BERDASARKAN PERILAKU PENGENDARA DI KOTA BENGKULU (STUDI KASUS JALAN PARIWISATA KOTA BENGKULU)

HAFIS, IQBAL AL and Hardiansyah, Hardiansyah and Supriani, Fepy (2023) STUDI KECEPATAN KENDARAAN BERDASARKAN PERILAKU PENGENDARA DI KOTA BENGKULU (STUDI KASUS JALAN PARIWISATA KOTA BENGKULU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI M.IQBAL AL HAFIS (G1B018091) - M.Iqbal AlHafis.pdf] Text
SKRIPSI M.IQBAL AL HAFIS (G1B018091) - M.Iqbal AlHafis.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Jalan Pariwisata Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu merupakan jalan yang
ramai dilalui oleh pengendara sepeda motor ataupun mobil, tidak jarang
terjadinya kecelakaan lalu lintas bagi pengendara yang melewati jalan tersebut.
Penelitian ini memiliki urgensitas yang cukup besar untuk mengetahui perilaku
pengendara yang melewati Jalan Pariwisata Kecamatan Ratu Agung Kota
Bengkulu terhadap kecepatan kendaraannya. Metode penelitian yang digunakan
yaitu deskriptif kuantitatif menggunakan program microsoft excel, metode
distribusi frekuensi menggunakan program microsoft excel dan metode analisa
regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS. Populasi dan sampel
penelitian ini yaitu masyarakat Kota Bengkulu yang melewati Jalan Pariwisata
berjumlah 100 responden. Variabel penelitian ini terdiri dari kecepatan
kendaraan (y), sikap disiplin (x1), pengetahuan (x2), dan kendaraan (x3).
Pengumpulan data penelitian menggunakan alat Speed Gun dan kuesioner.
Pengolahan data penelitian ini menggunakan program SPSS (Statistical product
and service solution dan Microsoft exel dengan teknik Analisis data
menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: Pada saat arus lalu lintas rendah, kecepatan tertinggi untuk pengendara
laki-laki 76-80 km/jam dan untuk pengendara wanita kecepatan 50-60 km/jam.
Terdapat hubungan kecepatan kendaraan pengendara laki-laki saat arus rendah,
sedang dan puncak yang menghasilkan persamaan regresi linier sederhana yaitu
y = -119,43x + 9922,7 dan hubungan kecepatan kendaraan pengendara wanita
saat arus rendah, sedang dan puncak yang menghasilkan persamaan regresi linier
sederhana yaitu y = -196,83x + 12259. Karakteristik pengendara dengan variabel
sikap disiplin (x1), pengetahuan (x2), dan kendaraan (x3) bahwa terdapat
pengaruh terhadap kecepatan saat berkendara (y). Terdapat keterkaitan antara
kecepatan dengan perilaku pengendara. Tingkat keterkaitan untuk variabel x1
sebesar 34,5 %, variabel x2 sebesar 25,7 %, dan variabel x3 sebesar 29.4 %.
Kata Kunci : Kecepatan, Kendaraan, dan Perilaku Pengendara

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:22
Last Modified: 22 Nov 2023 02:22
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17368

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200