Ghafridan Aditama, Muhammad and Handoko, Rospida and Purmini, Agustina Ekaputri (2024) ANALISIS PERILAKU BELANJA MAHASISWA PADA ONLINE MARKETPLACE (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI M GHAFRIDAN ADITAMA C1A017038_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Pada era perkembangan teknologi internet, penggunaan online
marketplace menjadi hal yang tak terhindarkan oleh masyarakat tak terkecuali
masyarakat di kota Bengkulu. Golongan yang cukup sering menggunakan layanan
ini ialah mahasiswa karena kegiatannya yang tidak jauh dari penggunaan gadget
dan berpotensi menyebabkan mereka menjadi konsumen yang irasional karena
berbelanja dengan motif hedonik. Sebagai alat transaksi jual beli yang baru online
marketplace memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu peneliti ingin
melihat perilaku mahasiswa yang menyebabkan adanya keinginan untuk
menggunakan layanan ini. Dalam hal ini ialah mahasiswa universitas Bengkulu.
Populasi pada penelitian ini ialah mahasiswa aktif universitas Bengkulu
yang pernah menggunakan layanan online marketplace. Penentuan jumlah sampel
menggunakan Teknik quota sampling yaitu dengan mengambil 1% dari jumlah
mahasiswa tiap fakultas sehingga didapat total 181 sampel. Metode pengumpulan
data dengan menggunakan alat kuisioner yang diukur menggunakan skala likert 4
poin.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku belanja mahasiswa pada
online marketplace sangat dipengaruhi oleh indikator norma subjektif dan control
belief. Perilaku mereka dalam berbelanja diakibatkan oleh ajakan atau preferensi
dari orang lain sehingga perilaku belanja mereka dapat dikatakan irasional. Dalam
berbelanja, mereka juga dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor yang sangat
mempengaruhi ialah pendapatan dan harga. Sedangkan faktor yang cukup
mempengaruhi ialah tingkat kepercayaan, kualitas informasi, dan resiko.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi mahasiswa pengguna online
marketplace untuk dapat lebih bijak dalam berbelanja. Penyedia layanan online
marketplace untuk sering menawarkan promo/diskon menarik, meningkatkan fitur
keamanan dan kerahasiaan data pribadi, mengoptimalkan tampilan antarmuka
aplikasi/web, serta meningkatkan keamanan dalam hal transaksi. Bagi pedagang
yang berjualan menggunakan layanan online marketplace disarankan untuk
meningkatkan kredibelitas sebagai penjual dengan menampilkan informasi yang
akurat mengenai produk agar mendapatkan rating yang bagus bagi konsumen.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 02:35 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 02:35 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17496 |