Savila, Yellsa and Rufran, Zulkarnain and Bayu, Pradikto (2022) PENGGERAKAN (MOTIVATING) LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) DALAM MENGIKUTI AKREDITASI (Studi pada Tiga LKP di Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI YELLSA SAVILA.pdf [thumbnail of SKRIPSI YELLSA SAVILA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI YELLSA SAVILA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Penggerakan (Motivating)
Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Dalam Mengikuti Akreditasi (Studi pada
Tiga LKP di Kota Bengkulu). Latar belakang penelitian ini ingin menemukan
motivating (faktor penggerak) 3 LKP di Kota Bengkulu yakni 1). LKP Cemerang
Teknik, 2). LKP Difasc, 3). LKP Asiah, ketiga LKP tersebut berada pada posisi
teratas kesiapan sispenanya dan dokumentasinya tetapi tidak mendaftar untuk di
akreditasi namun tidak mengikuti akreditasi. Metode penelitian ini, penelitian
kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara,
observasi dan dokumentasi, teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi
waktu, triangulasi subjek dan triangulasi teknik, subjek penelitian adalah
pengelola LKP. Landasan teori yang digunakan yaitu teori menajeman pengelolan
lembaga, yang terdiri dari motivasi, pembinaan, perlakuan, penghargan,
pembinaan, penghargaan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa ke tiga, 1). LKP
Cemerang Teknik, 2). LKP Difasc, 3). LKP Asiah, memang tidak mau mengikuti
akreditasi dan tidak mengikuti proses bimbingan akreditasi yang diadakan
pemerintah karena menurut ketiga LKP tersebut akreditasi tidak berpengaruh
terhadap proses kegiatan belajar di lembaga dilihat dari jumlah peserta pelatihan
yang masih banyak, padahal dari Dokumen ketiga LKP tersebut sudah lengkap.
Seharusnya pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) hendaknya
mengikuti akreditasi yang di adakan pemerintah guna untuk menjamin kulitas
dan mutu lembaga yang di kelola dan juga pemerintah hendaknya memberikan
sanksi tegas seperti teguran secara lisan bagi Lembaga Kursus dan Pelatihan
(LKP) yang mengabaikan akreditasi.
Kata Kunci : Motivating, Akreditasi, LKP
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 08:18 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 08:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17606 |