Akbarudin, Akbarudin and Agus, Zainal Rachmat and Ririn, Gusti (2022) PENGELOLAAN PENDIDIKAN KESETARAAN PADA SANTRI PUTRA DI LEMBAGA TAHFIDZ AHLUL QUR’AN KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI AKBAR.pdf [thumbnail of SKRIPSI AKBAR.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI AKBAR.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pengelolaan pendidikan
kesetaraan pada santri putra di lembaga tahfidz Ahlul Qur’an Kota Bengkulu.
Subjek utama dalam penelitian ini ada tiga yaitu pengelola santri putra tahfidz
Ahlul Qur’an, tutor pendidikan kesetaraan dan warga belajar pendidikan
kesetaaraan di lembaga tahfidz Ahlul Qur’an. Penelitian ini adalah penelitian
kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi
dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik
trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Perencanaan pengelolaan
pendidikan kesetaraan di lembaga tahfidz Ahlul Qur’an Kota Bengkulu yaitu agar
warga belajar dari santri bisa mendapatkan ijazah dan melanjutkan jenjang
pendidikan mereka selanjutnya sehingga tidak mengganggu kegiatan menghafal
mereka di lembaga tahfidz 2). Pengorganisasian pada pendidikan kesetaraan
dilakukan dengan bekerjasama antara dua lembaga dimulai dari masuk tahun
ajaran baru sampai dengan selesai melaksanakan program pendidikan kesetaraan
3). Penggerakan pada pendidikan kesetaraan di lakukan dengan bekerjasama
antara dua lembaga dimulai saat proses pembelajaran berlangsung sampai dengan
selesainya program pendidikan kesetaraan 4). Pengendalian pada pendidikan
kesetaraan di lakukan dengan bekerjasama antara dua lembaga dimulai saat proses
pembelajaran berlangsung sampai dengan selesainya program pendidikan
kesetaraan 5). Evaluasi penialaian pada pendidikan kesetaraan di lakukan pada
saat selesainya program pendidikan kesetaraan dengan melihat hasil nilai-nilai
pembelajaran dari warga belajar pendidikan kesetaraan kemudian hasil nilai-nilai
tersebut menjadi acuan untuk program-program pendidikan kesetaraan
selanjutnya.
Kata kunci : Pengelolaan, Pendidikan kesetaraan, tahfidz Ahlul Qur’an.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 08:17 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 08:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17609 |