Filiana, Wiwi and Agus, Zainal Rachmat and Ririn, Gusti (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (Studi Kasus Pada PKBM Mekar Sari Kabupaten Kaur). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Wiwi Filiana PNF FKIP.pdf [thumbnail of Skripsi Wiwi Filiana PNF FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Wiwi Filiana PNF FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, dan pengembangan dalam
implementasi program kesetaraan paket C PKBM Mekar Sari. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak empat
orang dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data
dilakukan dengan triangulasi yaitu triangulasi subjek, waktu dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, tujuan dari pelaksanaan
paket C ini untuk mengurangi pengangguran secara perlahan terutama di
kabupaten kaur dan anak-anak yang putus sekolah berangsur berkurang,
serta memberantas buta aksara dengan beberapa strategi yang dilakukan.
Kedua, kegiatan yang dilakukan bukan hanya pembelajaran akademik, akan
tetapi juga keterampilan seperti komputer, menjahit dan membatik, dengan
pertemuan secara daring dan tatap muka. Ketiga, selalu memberi motivasi
dengan memberi dukungan dan semangat, memberikan contoh yang baik,
mendengarkan keluhan, masalah tutor dan peserta didik, serta mencari
solusi terbaik. Keempat, melakukan evaluasi keberhasilan dalam
pencapaian tujuan dan target yang telah ditetapkan dengan mengadakan
evaluasi 3 bulan sekali setelah selesai pembelajaran, dan yang di evaluasi
adalah hasil pembelajaran, keterampilan peserta didik sebatas mana
kemampuan mereka, kemudian mengenai tujuan pembelajaran dan modul.
Kelima, peningkatan warga belajar dari tahun ke tahun terus ada
peningkatan, untuk pengembangan diri tutor dengan pelatihan peningkatan
mutu yang diselenggarakan oleh dinas instansi, untuk pengembangan diri
ketua PKBM dengan pelatihan yang dilaksanakan dalam satu tahun 6 kali
pelatihan yang diselenggarakan direktorat, serta adanya sarana dan
prasarana yang dimiliki.
Kata Kunci: Implementasi, PKBM, Paket C
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 03:27 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 03:27 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17621 |