MANFAAT PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SOSIAL FINANSIAL MELALUI AUDIOVISUAL ANAK USIA DINI UNTUK MENDUKUNG BELAJAR DARI RUMAH (Studi Kasus Bagi Pengguna Model)

Jannah, Zakiyah Raudatul and Rufran, Zulkarnain and Sofino, Sofino (2022) MANFAAT PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SOSIAL FINANSIAL MELALUI AUDIOVISUAL ANAK USIA DINI UNTUK MENDUKUNG BELAJAR DARI RUMAH (Studi Kasus Bagi Pengguna Model). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi fikxxx ZAKIYAH.pdf] Text
skripsi fikxxx ZAKIYAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah, adanya tupoksi Balai Pengembanagan
PAUD dan Dikmas (BP PAUD) Provinsi Bengkulu yang harus dilaksanakan
oleh para Pamong Belajar yaitu, pengembangan modul PAUD. Telah diperoleh
produk pengembangan metode yang berjudul pembelajaran sosial finansial
melalui Audiovisual anak usia dini untuk mendukung belajar dari rumah. Untuk
memastikan manfaat produk pengembangan model tersebut oleh pengelola maka
dilakukanlah penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui
manfaat pengembangan model pembelajaran sosial finansial melalui Audio
Visual anak usia dini untuk mendukung belajar dari rumah. Metode penelitian
ini, penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan
teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik validasi data
menggunakan teknik triangulasi waktu, triangulasi subjek dan triangulasi teknik,
subjek penelitian ini adalah pengelola PAUD yang menerapkan pengembangan
model pembelajaran finansial di lemabaganya. Adapun hasil yang diperoleh
dalam penelitian ini adalah manfaat bahan ajar tentang strategi pembelajaran
social finansial yaitu untuk memantau pendidik dan anak didik fokus dalam
belajar sesuai dengan bahan ajar yang sudah disediakan, karena pendidik tidak
harus mencari atau menemukan bahan ajar dari sumber lainnya serta manfaat
pembelajaran finansial melalui audiovisual anak usia dini yaitu untuk
mendukung belajar dari rumah adalah membuat pelaksanaan pembelajaran
menjadi lebih focus dan terarah.
Kata Kunci : Pengembanagam, Model, Pembelajaran, PAUD

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:41
Last Modified: 19 Apr 2024 07:41
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17769

Actions (login required)

View Item
View Item