PENGARUH KETEPATAN WAKTU ULASAN, KUANTITAS ULASAN, VALENSI ULASAN DAN KELENGKAPAN ULASAN TERHADAP NIAT BELI DARING DI MARKETPLACE (STUDI PADA PRODUK PONSEL PINTAR)

Ramadhari Putri, Jenni and Fachri, Eka Saputra and Berto, Usman (2022) PENGARUH KETEPATAN WAKTU ULASAN, KUANTITAS ULASAN, VALENSI ULASAN DAN KELENGKAPAN ULASAN TERHADAP NIAT BELI DARING DI MARKETPLACE (STUDI PADA PRODUK PONSEL PINTAR). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
skripsi jenni ramadhari putri_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pengguna internet diseluruh dunia baik ponsel maupun komputer
mengalami kenaikan terus menerus. Dengan adanya perkembangan internet dapat
merubah pola perilaku masyarakat dalam berinteraksi dan berkomunikasi yang
dapat dilakukan secara jarak jauh (Riyanto, 2021). Salah satu pola perilaku
masyarakat yang mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan
internet adalah pola perilaku berbelanja secara daring. Pola perilaku berbelanja
secara daring juga dapat dilihat melalui perkembangan marketplace yang ada di
Indonesia untuk membeli produk tertentu terutama pembelian ponsel pintar secara
daring melalui marketplace. Berbelanja secara daring melalui marketplace
menjadi sebuah tantangan bagi seorang konsumen, untuk meyakinkan konsumen
bahwa produk yang akan dibeli memiliki kualitas yang baik maka konsumen akan
mencari informasi terkait produk tersebut. Untuk meyakinkan niat pembelian
konsumen terhadap produk yang akan dibeli, maka dibutuhkan informasi yang
akan digunakan dalam memutuskan pembelian suatu produk. Informasi dalam
berbelanja daring bisa didapatkan salah satunya melalui ulasan produk.
Kelengkapan ulasan juga menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli suatu
produk, dimana informasi produk yang lengkap dan jelas akan lebih meyakinkan
konsumen, sehingga ulasan dapat dijadikan dasar pertimbangan bagi konsumen
dalam memutuskan untuk melanjutkan atau tidak niat pembelian terhadap produk
tersebut.
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti (1) apakah ketepatan waktu
ulasan berpengaruh signifikan terhadap niat beli daring, (2) apakah kuantitas
ulasan berpengaruh signifikan terhadap niat beli daring, (3) apakah valensi ulasan
berpengaruh signifikan terhadap niat beli daring, (4) apakah kelengkapan ulasan
berpengaruh signifikan terhadap niat beli daring.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode
pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner secara online.
Berdasarkan dimensi waktu, penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian cross
sectional, yaitu penelitian yang pengambilan datanya akan dilakukan melalui
penyebaran kuesioner hanya dalam satu waktu saja (yang dilakukan selama

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:41
Last Modified: 19 Apr 2024 07:41
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17814

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200