PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN, NILAI EMOSIONAL, NILAI FUNGSIONAL DAN NILAI SOSIAL TERHADAP LOYALITAS MEREK IPHONE DI INDONESIA

Gusti Anjani, Maya and Seprianti, Eka Putri and Muhammad, Yasser Iqbal Daulay (2022) PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN, NILAI EMOSIONAL, NILAI FUNGSIONAL DAN NILAI SOSIAL TERHADAP LOYALITAS MEREK IPHONE DI INDONESIA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
MAYA GUSTI ANJANI SKRIPSI CETAK KUNING (1)_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Smartphone bagi sebagian orang bukan hanya sebagai alat komunikasi,
tetapi juga mendukung status sosial. Iphone merupakan smartphone yang dinilai
memiliki harga yang tinggi dengan pangsa pasar tahun 2019 mengcapai 19.7%
dengan jumlah penjualan 71.7 juta dan untuk pangsa pasar tahun 2020 mencapai
21.3% dengan penjualan 78.4 juta di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui (1) apakah kepercayaan konsumen berpengaruhterhadap loyalitas
merek, (2) apakah nilai emosional berpengaruhterhadap loyalitas merek, (3)
apakah nilai fungsional berpengaruhterhadap loyalitas merek, dan(4) apakah nilai
sosial berpengaruhterhadap loyalitas merek.
Loyalitas merek adalah sebagai sikap positif seorang konsumen terhadap
suatu merek dan konsumen memiliki keinginan yang kuat untuk membeli ulang
produk yang sama pada saat ini dan masa yang akan mendatang. Semakin
konsumen loyal terhadap merek maka akan terbentunya suatu kepercayaan
konsumen yang juga dapat berpengaruh terhadap perusahaan Apple sehingga
perusahaan juga akan semakin meningkatkan suatu nilai emosional konsumen
yang bersifat positif agar konsumen merasa puas akan produk yang ditawarkan
oleh perusahaan, selain itu dalam niai fungsional perusahaan juga memberikan
kegunaan yang berkaitan secara langsung dengan fungsi produk dan juga layanan
dan untuk nilai sosial dapat dirasakan secara langsung oleh konsumen dimana
konsumen merasa percaya diri, dan juga dapat meningkatkan hubungan sosial
dengan orang lain.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif, dimana terdapat pengujian hipotesis. Metode pengumpulan data
dengan cara melakukan penyebaran kuesioner online melalui media sosial untuk
mendapatkan informasi dari responden. Populasi dari penelitian ini adalah
pengguna smartphone iphone di Indonesia.Sampel dalam penelitian ini diambil
dengan teknik pusposive sampling.Jumlah responden dalam penelitian ini adalah
202 responden.Analisis dalam penelitian ini menggunakan SPPS 22 for
windows.Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kepercayaan konsumen
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek.Hasil temuan ini
menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen, maka
semakin tinggi juga tingkat loyalitas merek dalam pengguna Iphone di
Indonesia.Nilai emosionalberpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
merek.Hasil temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat nilai emosional, maka semakin tinggi juga tingkat loyalitas merek pengguna produk
Iphone di Indonesia.Nilai fungsional berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas merek.Hasil temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat nilai
fungsional, maka semakin tinggi juga tingkat loyalitas merek pengguna produk
Iphone di Indonesia.Nilai sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas merek.Hasil temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat nilai
sosial, maka semakin tinggi juga tingkat loyalitas merek pengguna Iphone di
Indonesia.
Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman literature tentang loyalitas
merek.Menyarankan kepada perusahaan Apple untuk melakukan inovasi produk
dan menciptakan produk-produk edisi terbatas agar konsumen lebih bersemangat
untuk memilikinya. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan
variabel lain yang dapat mengukur loyalitas merek serta smartphone lainnya yang
yang ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 03 Apr 2024 07:52
Last Modified: 03 Apr 2024 07:52
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17817

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor