PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MELATIHKAN LITERASI INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) SISWA SMA PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA

Zhafirah, Inas and Eko, Risdianto and Sutarno, Sutarno (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MELATIHKAN LITERASI INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) SISWA SMA PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI INAS ZHAFIRAH (A1E017045).pdf] Text
SKRIPSI INAS ZHAFIRAH (A1E017045).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan
mengetahui kelayakan media powerpoint interaktif berbasis android untuk
melatihkan literasi ICT siswa SMA pada materi gelombang cahaya. Model
pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan
4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu define, design, dan development. Pada
tahap define dilakukan studi literatur, perancangan instrumen untuk tahap define,
analisis RPP, analisis media pembelajaran powerpoint, dan analisis kebutuhan
awal pengembangan. Tahap design terdiri dari rancangan desain media interaktif
dan rancangan instrumen untuk mengevaluasi media interaktif. Tahap development
terdiri d a r i pengembangan instrumen untuk mengevaluasi media interaktif,
validasi ahli terhadap produk serta revisi berdasarkan hasil validasi ahli dan uji
keterbacaan produk. Berdasarkan hasil validasi ahli pada 8 aspek media interaktif
diperoleh ; 1 ) persentase skor rata-rata pada aspek isi/materi adalah 84,37%
dengan interpretasi sangat layak, 2) aspek interaksi pengguna sebesar 87,50%
dengan interpretasi sangat layak, 3) aspek individual/mandiri sebesar 100%
dengan interpretasi sangat layak, 4) aspek umpan balik sebesar 87,50% dengan
interpretasi sangat layak, 5) aspek tipografi sebesar 75% dengan interpretasi layak,
6) aspek layout sebesar 81,25% dengan interpretasi sangat layak, 7) aspek bahasa
sebesar 84,37% dengan interpretasi sangat layak, dan 8) aspek literasi ict sebesar
85,23% dengan interpretasi sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh nilai
rata-rata keseluruhan sebesar 84,64% dengan interpretasi sangat layak.
Berdasarkan hasil uji keterbacaan produk oleh guru dan siswa pada 7 aspek
yaitu; 1) aspek isi/materi, 2) aspek interaksi pengguna, 3) aspek
individual/mandiri, 4) aspek umpan balik, 5) aspek tipografi, 6) aspek layout, dan
7) aspek bahasa diperoleh persentase keseluruhan skor rata-rata oleh guru
sebesar 93,75% dengan interpretasi sangat layak dan oleh siswa sebesar
85,25% dengan interpretasi sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa media interaktif yang dikembangkan “sangat layak” untuk
dilanjutkan pada tahap uji coba lapangan.
Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, Powerpoint, Media Interaktif, Literasi
ICT, Gelombang Cahaya

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 07 May 2024 06:35
Last Modified: 07 May 2024 06:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17890

Actions (login required)

View Item
View Item