PENGARUH SOCIAL INTERACTION, DIVERSION, DAN SHARED IDENTITY DALAM MENINGKATKAN PERCEIVED ENJOYMENT DAN IMPLIKASINYA TERHADAP INTENTION TO PLAY PADA GAME ONLINE PUBG (Studi Kasus Pada Permainan PUBG)

Fieroncia Kennedy, Cindy and Fachri, Eka Saputra and Sularsih, Anggarawati (2020) PENGARUH SOCIAL INTERACTION, DIVERSION, DAN SHARED IDENTITY DALAM MENINGKATKAN PERCEIVED ENJOYMENT DAN IMPLIKASINYA TERHADAP INTENTION TO PLAY PADA GAME ONLINE PUBG (Studi Kasus Pada Permainan PUBG). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Cindy Fieroncia Kennedy_C1B016018-dikonversi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi di era globalisasi berkembang dengan sangat pesat.
Salah satu bentuk dari kemajuan teknologi yaitu game online. Game online adalah
jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer. Jaringan yang
biasanya digunakan adalah jaringan internet. Game online adalah bagian dari
aktivitas sosial karena pemain bisa saling berinteraksi satu sama lain secara virtual
dan sering kali menciptakan komunitas, sehingga game online juga bisa disebut
sebagai online social games.
Penelitian ini menggunakan 5 variabel yaitu social interaction, shared
identity, diversion, perceived enjoyment dan intention to play. Social interaction
berarti bersosialisasi dan membangun hubungan dengan teman maupun orang lain
(Kim dan Kim, 2010). Karakteristik yang menghasilkan keyakinan pengguna
bahwa “semua teman memiliki akun online social games” dan mereka tidak
merasa terisolasi akan menciptakan Shared identity (Hou, 2011).. Diversion
adalah suatu proses pengalihan yang dilakukan oleh pengguna online social
games untuk mengurangi rasa stres, dengan begitu pengguna berencana
menggunakan online social games dalam jangka waktu lama, sehingga dapat
meningkatkan kenikmatan pada online social games (Chen et al., 2016).
Perceived enjoyment adalah kesenangan yang dirasakan individu secara objektif
ketika melakukan perilaku tertentu atau melakukan kegiatan tertentu (Moon dan
Kim, 2001). Intention to play didefinisikan sebagai permainan kolaboratif yang
meningkatkan niat pemain untuk memainkan game lagi dan merekomendasikan
game tersebut kepada yang lain (Plass et al., 2013).
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti (1) Apakah social interaction
berpengaruh signifikan terhadap perceived enjoyment pada PUBG Mobile, (2)
Apakah diversion berpengaruh signifikan terhadap perceived enjoyment pada
PUBG Mobile, (3) Apakah shared identity berpengaruh signifikan terhadap
perceived enjoyment pada PUBG Mobile, (4) Apakah social interaction
berpengaruh signnifikan terhadap intention to play pada PUBG Mobile, (5)
Apakah diversion berpengaruh signifikan terhadap intention to play pada PUBG
Mobile, (6) Apakah perceived enjoyment berpengaruh signifikan terhadap
intention to play pada game PUBG Mobile.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:26
Last Modified: 29 Apr 2024 02:26
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17908

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200