Andito, Ferdi and Seprianti, Eka Putri and Fachri, Eka Saputra (2020) PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, VISUAL COMPLEXITY, PLEASURE & AROUSAL TERHADAP PURCHASE INTENTION MAKANAN PADA IKLAN DI INSTAGRAM. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI_FERDI ANDITO_C1B016093.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Iklan makanan di Instagram saat ini sangatlah banyak, ada yang diperankan oleh 
selebriti pendukung dan ada yang desain visualnya kompleks. Banyak konsumen 
yang tertarik melihat iklan makanan di Instagram dikarenakan selebriti 
pendukung dan desain visual yang kompleks. Penelitian ini bertujuan kepada 
pengguna Instagram yang pernah melihat iklan makanan di Instagram, pengguna 
Instagram yang pernah membeli makanan di Instagram karena celebrity 
endorsement, dan pengguna Instagram yang pernah membeli makanan di 
Instagram karena visual complexity. 
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Celebrity endorsement 
berpengaruh terhadap purchase intention, (2) Celebrity endorsement 
berpengaruh terhadap pleasure & arousal, (3) Visual complexity berpengaruh 
terhadap pleasure & arousal, (4) Visual complexity berpengaruh terhadap 
purchase intention, (5) Pleasure & arousal berpengaruh terhadap purchase 
intention. 
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif 
yang terdapat pengujian hipotesis. Metode pengumpulan data dengan cara 
melakukan penyebaran kuesioner online dengan cara menyebarkan ke grup 
media sosial, sehingga mendapatkan informasi dari responden. Populasi dalam 
penelitian ini adalah pengguna Instagram yang pernah melihat iklan makanan di 
Instagram, pengguna Instagram yang pernah membeli makanan di Instagram 
karena celebrity endorsement, pengguna Instagram yang pernah membeli 
makanan di Instagram karena visual complexity, sedangkan sampel dalam 
penelitian ini diambil dengan metode purposive sampling. Jumlah responden 
dalam penelitian ini adalah 180 responden. Analisis dalam penelitian ini 
menggunakan smartPLS versi 3.2.9. 
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) Celebrity endorsement berpengaruh 
positif dan signifikan terhadap purchase intention. Hasil temuan ini 
menunjukkan bahwa iklan makanan di Instagram yang diperankan oleh celebrity 
endorsement cenderung akan meningkatkan purchase intention responden, (2) 
Celebrity endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap pleasure & 
arousal. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa iklan makanan yang didukung 
oleh celebrity endorsement dapat meningkatkan pleasure & arousal responden,(3) Visual complexity berpengaruh positif dan signifikan terhadap pleasure & 
arousal. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa iklan makanan yang visual 
complexity dapat meningkatkan pleasure & arousal responden, (4) Visual 
complexity berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Hasil 
temuan ini menunjukkan bahwa iklan yang memiliki visual complexity lebih 
tinggi dapat meningkatkan purchase intention responden, (5) Pleasure & 
arousal berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Hasil 
temuan ini menunjukkan bahwa saat responden mengalami peningkatan 
pleasure & arousal, maka purchase intention responden cenderung akan 
meingkat. 
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan, beberapa saran yang dapat 
diberikan adalah penelitian ini masih banyak terdapat tanggapan responden yang 
tergolong rendah, seperti konstruk celebrity endorsement. Disarankan kepada 
penelitian selanjutnya untuk mengembangkan variabel lain yang dapat 
mengukut purchase intention.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management | 
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati | 
| Date Deposited: | 29 Apr 2024 03:02 | 
| Last Modified: | 29 Apr 2024 03:02 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17913 | 

