Syamidah, Syamidah and Dhanurseto, Dhanurseto and Yuliati, Yuliati (2022) EKONOMI POLITIK MEDIA DALAM PENGEMBANGAN MEDIA CETAK LOKAL. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI Syamidah (D1C015030)..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Teori ekonomi politik memiliki kekuatan pada tiga hal yaitu berfokus pada
bagaimana media dibangun dan dikendalikan, menawarkan penyelidikan empiris
mengenai keuangan media, dan mencari hubungan antara proses produksi konten
media dan keuangan media (Barant). Peneliti mengambil sampel media cetak
harian pagi linggau pos sebagai subjek penelitian, dimana harian pagi linggau pos
merupakan media cetak lokal pertama di bumi silampari lubuklinggau.Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor faktor yang memperngaruhi
perkembangan media dan pemberitaan yang diterbitkan untuk masyarakat luas,
khususnya faktor ekonomi politik media atau faktor lainnya. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif. Dan teknik pengumpulan data yang
di gunakan peneliti adalah dokumentasi dan wawancara. Informan pada penelitian
ini adalah staf ahli media cetak linggau pos pada bidangnya, agar mendapat
informasi yang diperoleh sesuai dengan yang dibutuhkan peneliti. Berdasarkan
hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan peneliti pada media harian
pagi linggau pos terkait "ekonomi politik media dalam pengembangan media
cetak lokal". Media massa mengandalkan pendapatannya pada pasar konsumer
dan pasar iklan, menyebabkan media massa memiliki ketergantungan terhadap
konsumen selaku pembeli produk dan produsen selalu pemasang iklan. Sehingga
semakin tinggi ketergantungan terhadap iklan sebagai sumber pendapatan,
semakin rendah pula kebebasan media massa dalam menulis konten berita dari
kepentingan pengiklan dan bisnis secara umum. Kegiatan ekonomi dan politik
media berjalan dengan lancar serta mampu mempertahankan profesionalitas
dalam menulis berita. Kegiatan ekonomi media dapat dilihat dari penjualan koran
dan pemasukan iklan pada media. Terutama iklan media, peneliti melihat cukup
banyak iklan yang muncul di media koran linggau pos, termasuk juga iklan berita
yang cukup banyak muncul selama periode penelitian kali ini. Kemudian untuk
kegiatan politik nya sendiri, media juga ikut andil dalam penyebaran berita tekait
pilkada dan mensosialisasikan pasangan calon dalam pilkada.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Journal |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 04:32 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 04:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17930 |