ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL UJI KOMPETENSI BUKU TEKS MATEMATIKA MATERI FAKTORISASI BENTUK ALJABAR TERBITAN ERLANGGA KELAS VIII BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVIS

Maryani, Selvi and Ringki, Agustinsa and Nur, Aliyyah Irsal (2022) ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL UJI KOMPETENSI BUKU TEKS MATEMATIKA MATERI FAKTORISASI BENTUK ALJABAR TERBITAN ERLANGGA KELAS VIII BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVIS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of A1C017048_Selvi Maryani_Skripsi.pdf] Text
A1C017048_Selvi Maryani_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal uji
kompetensi buku teks matematika materi faktorisasi bentuk aljabar Terbitan
Erlangga kelas VIII berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Taksonomi Bloom
Revisi yang digunakan ialah pada dimensi proses kognitif yang terdiri dari :
mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4),
mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah soal uji kompetensi buku teks
matematika materi faktorisasi bentuk aljabar Terbitan Erlangga kelas VIII.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode dokumentasi. Soal –
soal yang uji kompetensi yang dianalisis sebanyak 41 soal dengan persentase
berjumlah 100%. Pada soal uji kompetensi ini tiap tingkat kognitif sebagai
berikut: mengingat (C1) sebanyak 1 soal (2,44%), memahami (C2) sebanyak 1
soal (2,44%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 34 soal (82,93%), menganalisis
(C4) sebanyak 5 soal (12,19%), serta tidak adanya soal (0,00%) pada tingkat
kognitif mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6).
Kata Kunci : Buku Teks, Uji Kompetensi, Soal, Tingkat Kognitif, Taksonomi
Bloom

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 07 May 2024 06:36
Last Modified: 07 May 2024 06:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17962

Actions (login required)

View Item
View Item