Sari, Mia Putria and M. Ilham, Abdullah and Citra, Dwi Palenti (2021) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KETERAMPILAN BAGI WARGA LANSIA PADA PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI MIA PUTRIA SARI.pdf [thumbnail of SKRIPSI MIA PUTRIA SARI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MIA PUTRIA SARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang pelaksanaan
program keterampilan bagi warga lansia pada Panti Sosial Tresna Werdha Kota
Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek
penelitian sebanyak tiga orang dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik
wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan
data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ditinjau dari empat komponen
dalam model CIPP (Cotext, Input, Process, Product) sebagai berikut : (1)
komponen context berkaitan dengan kesesuaian materi pembelajaran dengan
standar pendidikan orang dewasa, materi pembelajaran yang digunakan sudah
sesuai dengan standar pendidikan orang dewasa, (2) komponen input berkaitan
dengan kualifikasi instruktur merupakan lulusan S1 Manajemen Universitas
Bengkulu, minat warga belajar pada program keterampilan sudah baik, para lansia
mempunyai semangat belajar yang baik dimana mereka selalu mengikuti proses
pembelajaran sampai akhir pelajaran dan berusaha membuat apa yang di ajarkan
oleh instruktur dan sarana prasarana pada program keterampilan sudah tersedia.
Adapun sarana dan prasarana yang tersedia adalah ruang belajar, karpet alas
duduk dan alat-alat yang akan digunakan untuk membuat keterampilan. (3)
komponen process berkaitan dengan media dan metode pembelajaran yang
digunakan pada pelaksanaan pembelajaran program keterampilan. Dalam
pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada program keterampilan masih terdapat
kekurangan, (4) komponen product berkaitan dengan capaian hasil belajar warga
belajar pada aspek afektif, kognitif dan psikomotorik diantaranya warga belajar
berpartisipasi dan menumbuhkan sikap bekerja sama, merespon dengan baik dan
warga belajar mampu menerapkan apa yang mereka pelajari dalam pelaksanaan
program keterampilan dan warga belajar sudah bisa membuat keterampilan yag di
ajarkan.
Kata kunci : Panti Sosial Tresna Werdha, Evaluasi model CIPP, Program
keterampilan, Lansia
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 14 May 2024 01:44 |
Last Modified: | 14 May 2024 01:44 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17988 |