Evi, Sari and Putri, Suci Asriani and Redy, Badrudin (2022) ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN ONLINE KERIPIK PISANG MELTE VANANA PADA PLATFORM E-COMMERCE. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI CETAK EVI SARI S.P fiks nian 1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Pemanfaatan internet kini telah dioptimalkan pada hampir seluruh aktivitas
kehidupan, termasuk diantaranya dalam bidang ekonomi yang meliputi pemasaran barang
dan jasa. Transaksi jual beli dengan menggunakan media internet lebih dikenal dengan
istilah e-commerce. Perkembangan e-commerce di Indonesia dapat dimanfaatkan menjadi
peluang besar bagi sebagian orang yang dapat melihat potensi kedepannya. Pertumbuhan
ini didukung dengan data dari Kemkominfo yang mengatakan bahwa nilai transaksi ecommerce pada tahun 2017 sudah mencapai angka 140 triliun rupiah. Salah satu pelaku ecommerce yang saat ini berkembang adalah Shopee. Salah satu industri yang
pemasarannya secara online menggunakan aplikasi Shopee yaitu: industri CV. Vanana
Jaya Sinergi yang merupakan salah satu industri yang berlokasi di Jl. Bumi Manti 2 No. 18
Kampung Baru Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung. Karena semakin
bergejolaknya trend bisnis di situs belanja online, maka industri CV. Vanana Jaya Sinergi
membuat produk keripik pisang melte vanana yang merupakan salah satu produk olahan
pertanian. Dengan banyaknya jumlah aplikasi belanja online yang ada di Indonesia dan
fenomena bergesernya pola pembelian konsumen dari transaksi offline menuju transaksi
online, menyebabkan jumlah transaksi yang menggunakan aplikasi belanja online terus
meningkat baik frekuensi maupun nominal. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk
mengetahui: 1) Sikap konsumen online terhadap keripik pisang melte vanana dengan
berbelanja menggunakan aplikasi shopee, 2) Perilaku konsumen online terhadap keripik
pisang melte vanana dengan berbelanja menggunakan aplikasi shopee. Metode penentuan
responden yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Purposive Sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sikap konsumen terhadap keripik pisang
melte vanana bernilai 16.4 yang berarti positif karena menurut konsep multi atribut
fishbein jika Ao>0, maka konsumen memiliki sikap positif terhadap keripik pisang melte
vanana. Sedangkan perilaku konsumen juga bernilai sebesar 12.908. Dimana nilai 12.908
lebih besar dari 0 yang menunjukkan bahwa konsumen loyal dalam membeli dan
mengkonsumsi keripik pisang melte vanana. Atribut yang terdapat dalam keripik pisang
melte yaitu rasa, tekstur, harga, kemasan, citra merek, kepercayaan, kualitas pelayanan,
dan keamanan. Perilaku tersebut lebih besar dipengaruhi oleh sikap konsumen terhadap
atribut-atribut yang ada didalamnya dibandingkan dengan norma subjektif. Sikap positif
konsumen terhadap keripik pisang melte vanana tentunya sudah cukup untuk
menggambarkan bagaimana perilakunya terhadap keripik pisang melte vanana.
Kata kunci: E-Commerce, Keripik Pisang, Sikap, Perilaku konsumen online
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agronomy |
Depositing User: | sugiarti sugiarti |
Date Deposited: | 14 May 2024 03:37 |
Last Modified: | 14 May 2024 03:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18002 |