Arif, Syarifudin and Irnad, Irnad and Indra, Cahyadinata (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI KABUPATEN REJANG LEBONG (Studi Kasus Peternakan Adea Farm). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ARIF SYARIFUDIN (E1D016108).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengidentifikasi sistem pemasaran telur ayam ras
pada saat ini di peternakan Adea Farm, (2)mengidentifikasi faktor-faktor eksternal apa
yang menjadi peluang dan ancaman serta faktor faktor internal apa saja yang menjadi
kekuatan dan kelemahan dalam pemasaran telur ayam ras ,dan (3)merumuskan alternatif
strategi pemasaran telur ayam ras yang dapat dilakukan oleh peternakan Adea Farm.
Metode penentuan daerah penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu pada
peternakan Adea Farm. Penentuan responden dilakukan secara sengaja yaitu sebanyak 17
responden terdiri dari 2 responden peternakan Adea Farm dan 15 responden pelanggan
peternakan Adea Farm. Analisis datanya sendiri menggunakan analisis deksriptif, analisis
SWOT dan dilanjutkan analisis QSPM.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Sistem pemasaran telur ayam ras
peternakan Adea Farm pada saat ini yaitu menggunakan 3 (tiga) pola pemasaran; pola 1
(produsen – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen), pola 2 (produsen –
pedagang pengecer – konsumen), pola 3 (produsen – konsumen) dan kemitraan berupa
menjalin kesepakatan tak tertulis dengan pelanggan. Faktor internal yang menjadi kekuatan
peternakan Adea Farm yaitu kualitas telur yang baik, kemampuan distribusi baik.
Sedangkan faktor internal yang menjadi kelemahan bagi peternakan Adea Farm yaitu
harga jual telur tergantung pasar dan promosi belum maksimal. Faktor eksternal yang
menjadi peluang bagi peternakan Adea Farm yaitu permintaan pasar akan telur cukup
tinggi, kesadaran masyarakat terhadap kebutuhan gizi bertambah tinggi, kondisi ekonomi
masyarakat semakin baik. Sedangkan faktor eksternal yang menjadi ancaman bagi
peternakan Adea Farm yaitu fluktuasi harga telur, muncul peternak baru, kemudahan
pelanggan pindah ke produsen lain, pesaing dari daerah lain. Alternatif strategi prioritas
pemasaran telur ayam ras petelur peternakan Adea Farm setelah melakukan analisis QSPM
yaitu strategi agresif dengan memperluas dan mempertahankan pasar yang sudah ada
7,094.
Kata kunci: Pemasaran, telur, strategi, analisis QSPM
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | sugiarti sugiarti |
Date Deposited: | 14 May 2024 03:50 |
Last Modified: | 14 May 2024 03:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18004 |