Nabilah Shadiqli, Abiyyu and Zakaria, Zakaria and Rambat, Nur Sasongko (2020) KONTRIBUSI KEMAMPUAN MANAJERIAL DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEBAGAI WALI KELAS SMP NEGERI SE-KECAMATAN ARGAMAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png) Archive (Thesis)
            
              
Archive (Thesis)
Tesis.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Rumusan masalah umum penelitian ini apakah terdapat kontribusi 
kemampuan manajerial dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru 
sebagai wali kelas  SMP Negeri se- Kecamatan Argamakmur secara parsial 
maupun simultan dan seberapa besar kontribusi tersebut. Rumusan masalah 
khusus pada penelitian ini adalah : (1) apakah terdapat kontribusi kemampuan 
manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru sebagai wali kelas sebagai wali 
kelas (2) apakah terdapat kontribusi kemampuan supervisor kepala sekolah 
terhadap kinerja guru sebagai wali kelas (3) apakah terdapat kontribusi 
kemampuan manajerial dan kemampuan supervisor kepala sekolah terhadap 
terhadap kinerja guru sebagai wali kelas? 
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi 
kemampuan manajerial dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru 
sebagai wali kelas  SMP Negeri se- Kecamatan Argamakmur secara parsial 
maupun simultan. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk menganalisis : (1) kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru sebagai 
wali kelas, (2) kontribusi kemampuan supervisor kepala sekolah terhadap kinerja 
guru sebagai wali kelas, (3) kontribusi kemampuan manajerial dan kemampuan 
supervisor kepala sekolah terhadap terhadap kinerja guru sebagai wali kelas.  
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan 
kuantitatif asosiatif. Populasi terdiri atas seluruh guru SMP Negeri Se-Kecamatan 
Argamakmur  Kabupaten Bengkulu Utara dengan sampel 63 orang yang dipilih 
secara proporsional melalui random sampling. Data dikumpulkan melalui angket 
dan dokumentasi.  
Analisis data menggunakan teknik regresi ganda untuk menganalisis 
kontribusi antara dua variabel bebas (independent variables) yaitu kemampuan 
manajerial kepala sekolah (X1) dan kemampuan supervisor kepala sekolah (X2) 
dengan satu variabel terikat (dependent variable) yaitu kinerja guru sebagai wali 
kelas (Y). Hubungan yang akan dianalisis adalah hubungan antara kemampuan 
manajerial kepala sekolah (X1) dengan kinerja guru sebagai wali kelas (Y), 
hubungan kemampuan supervisor kepala sekolah (X2) dengan kinerja guru 
sebagai wali kelas (Y) dan hubungan kemampuan manajerial kepala sekolah (X1) 
dan kemampuan. 
Hasil penelitian sebagai berikut.  Pertama, terdapat pengaruh pengaruh 
kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru, dimana semakin 
baik kemampuan manajerial kepala sekolah maka akan semakin baik pula kinerja 
guru. Kedua, adanya pengaruh kemampuan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, dimana semakin baik kemampuan manajerial kepala sekolah, maka 
akan semakin baik pula kinerja guru. Ketiga, terdapat pengaruh kemampuan 
manajerial dan supervisi kepala sekolah secara simultan (bersama-sama) terhadap 
kinerja guru, dimana  semakin baik kemampuan manajerial dan supervisi kepala 
sekolah, maka akan semakin baik pula kinerja guru. Dari analisis regresi linier 
berganda diketahui bahwa kontribusi kemampuan manajerial dan kemampuan 
supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 72,3%. 
Simpulan penelitian menunjukkan bahwa salah satu kemampuan yang 
penting dimiliki oleh seorang kepala sekolah adalah kemampuan manajerial dan 
supervisi. Kemampuan manajerial dan supervisi ternyata sangat berpengaruh 
terhadap kinerja guru, artiya dengan kemampuan manajerial dan supervisi yang 
baik, peran kepala sekolah akan sangat bisa berpengaruh terhadap kinerja guru. 
Kemampuan manajerial yang dimiliki kepala sekolah akan membuat suasana 
kerja menjadi lebih terorganisir dan berimbang, sedangkan dengan kemampuan 
supervisi yang objektif, kepala sekolah bisa menjadikan suasana kerja guru dan 
staff sekolah lebih harmonis dengan bersifat adil dan solutif dalam menyelesaikan 
temuan-temuan permasalahan di sekolah. 
Saran kepada kepala sekolah SMPN Se-Kecamatan Argamakmur 
hendaknya selalu terus berusaha memperbaharui kemampuan manajerial dan 
supervisi yang seharusnya ada pada dirinya untuk menjamin kenyamanan, 
keharmonisan, dan kualitas pendidikan di sekolahnya masing-masing. Upaya
upaya itu bisa dilakukan melalui terus melatih kemampuan dalam memimpin, berusaha selalu transparansi, serta bersikap objektif terhadap semua rekan kerja 
dan warga sekolah.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Development Planning Program | 
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati | 
| Date Deposited: | 20 May 2024 05:32 | 
| Last Modified: | 20 May 2024 05:32 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18015 | 

