KONTRIBUSI KEMAMPUAN MANAJERIAL DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEBAGAI WALI KELAS SMP NEGERI SE-KECAMATAN ARGAMAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA

Nabilah Shadiqli, Abiyyu and Zakaria, Zakaria and Rambat, Nur Sasongko (2020) KONTRIBUSI KEMAMPUAN MANAJERIAL DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEBAGAI WALI KELAS SMP NEGERI SE-KECAMATAN ARGAMAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Tesis.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Rumusan masalah umum penelitian ini apakah terdapat kontribusi
kemampuan manajerial dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru
sebagai wali kelas SMP Negeri se- Kecamatan Argamakmur secara parsial
maupun simultan dan seberapa besar kontribusi tersebut. Rumusan masalah
khusus pada penelitian ini adalah : (1) apakah terdapat kontribusi kemampuan
manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru sebagai wali kelas sebagai wali
kelas (2) apakah terdapat kontribusi kemampuan supervisor kepala sekolah
terhadap kinerja guru sebagai wali kelas (3) apakah terdapat kontribusi
kemampuan manajerial dan kemampuan supervisor kepala sekolah terhadap
terhadap kinerja guru sebagai wali kelas?
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi
kemampuan manajerial dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru
sebagai wali kelas SMP Negeri se- Kecamatan Argamakmur secara parsial
maupun simultan. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk menganalisis : (1) kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru sebagai
wali kelas, (2) kontribusi kemampuan supervisor kepala sekolah terhadap kinerja
guru sebagai wali kelas, (3) kontribusi kemampuan manajerial dan kemampuan
supervisor kepala sekolah terhadap terhadap kinerja guru sebagai wali kelas.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif asosiatif. Populasi terdiri atas seluruh guru SMP Negeri Se-Kecamatan
Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara dengan sampel 63 orang yang dipilih
secara proporsional melalui random sampling. Data dikumpulkan melalui angket
dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan teknik regresi ganda untuk menganalisis
kontribusi antara dua variabel bebas (independent variables) yaitu kemampuan
manajerial kepala sekolah (X1) dan kemampuan supervisor kepala sekolah (X2)
dengan satu variabel terikat (dependent variable) yaitu kinerja guru sebagai wali
kelas (Y). Hubungan yang akan dianalisis adalah hubungan antara kemampuan
manajerial kepala sekolah (X1) dengan kinerja guru sebagai wali kelas (Y),
hubungan kemampuan supervisor kepala sekolah (X2) dengan kinerja guru
sebagai wali kelas (Y) dan hubungan kemampuan manajerial kepala sekolah (X1)
dan kemampuan.
Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, terdapat pengaruh pengaruh
kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru, dimana semakin
baik kemampuan manajerial kepala sekolah maka akan semakin baik pula kinerja
guru. Kedua, adanya pengaruh kemampuan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, dimana semakin baik kemampuan manajerial kepala sekolah, maka
akan semakin baik pula kinerja guru. Ketiga, terdapat pengaruh kemampuan
manajerial dan supervisi kepala sekolah secara simultan (bersama-sama) terhadap
kinerja guru, dimana semakin baik kemampuan manajerial dan supervisi kepala
sekolah, maka akan semakin baik pula kinerja guru. Dari analisis regresi linier
berganda diketahui bahwa kontribusi kemampuan manajerial dan kemampuan
supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 72,3%.
Simpulan penelitian menunjukkan bahwa salah satu kemampuan yang
penting dimiliki oleh seorang kepala sekolah adalah kemampuan manajerial dan
supervisi. Kemampuan manajerial dan supervisi ternyata sangat berpengaruh
terhadap kinerja guru, artiya dengan kemampuan manajerial dan supervisi yang
baik, peran kepala sekolah akan sangat bisa berpengaruh terhadap kinerja guru.
Kemampuan manajerial yang dimiliki kepala sekolah akan membuat suasana
kerja menjadi lebih terorganisir dan berimbang, sedangkan dengan kemampuan
supervisi yang objektif, kepala sekolah bisa menjadikan suasana kerja guru dan
staff sekolah lebih harmonis dengan bersifat adil dan solutif dalam menyelesaikan
temuan-temuan permasalahan di sekolah.
Saran kepada kepala sekolah SMPN Se-Kecamatan Argamakmur
hendaknya selalu terus berusaha memperbaharui kemampuan manajerial dan
supervisi yang seharusnya ada pada dirinya untuk menjamin kenyamanan,
keharmonisan, dan kualitas pendidikan di sekolahnya masing-masing. Upaya
upaya itu bisa dilakukan melalui terus melatih kemampuan dalam memimpin, berusaha selalu transparansi, serta bersikap objektif terhadap semua rekan kerja
dan warga sekolah.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Development Planning Program
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 20 May 2024 05:32
Last Modified: 20 May 2024 05:32
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18015

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200