ELVENA, DELLA and Marwan, Arwani and Lailatus, Sa'diyah (2021) INOVASI PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN BENGKULU SELATAN DALAM MENGHADAPI PANDEMI VIRUS KORONA (COVID-19). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi DELLA ELVENA (D1B017019).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Inovasi pelayanan di masa pandemi pada perpustakaan dilakukan untuk
memberikan layanan kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan di masa
pandemi Covid-19, layanan serta informasi yang diberikan berhubungan tentang
virus korona. Tujuan penelitian adalah mengetahui inovasi pelayanan yang
dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bengkulu Selatan di masa pandemi
sebagai penyedia informasi di masyarakat untuk memutuskan matarantai Covid
19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, informan
penelitian ada 4 orang yaitu kepala dinas, kepala bidang layanan dan dua orang
pustakawan. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah teknik purposive
sampling teknik menentukan informan mempertimbangkan tujuan penelitian.
Analisis data yang digunakan yaitu data reduction, data display dan conclusion
drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan inovasi pelayanan yang
dilakukan adalah: 1) Sosialisasi Covid-19 ke pasar-pasar tradisional di Bengkulu
Selatan. 2) Sosialisasi pelayanan di masa pandemi ke taman merdeka Kota
Manna. 3) Pembagian masker, hand sanitizer dan brosur. 4) Pelayanan di masa
pandemi hanya melakukan pelayanan pengembalian dan peminjaman buku. Selain
itu dari hasil penelitian menunjukan alasan dilakukannya inovasi pelayanan yaitu
instruksi langsung pemerintah daerah yang mana pelayanannya disesuaikan di
masa pandemi. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bengkulu Selatan tidak
bekerjasama dan menerima bantuan dana dari pihak lain dalam melakukan
pelayanan, serta tidak ada apresiasi khusus kepada pustakawan yang melakukan
pelayanan di masa pandemi.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Journal |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 15 May 2024 07:56 |
Last Modified: | 15 May 2024 07:56 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18023 |