Tika, Veronika and Basuki, Sigit Priyono and Sriyoto, Sriyoto (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KONSUMSI BERAS “KEMBANG KOL” (STUDI KASUS DI PASAR MINGGU KOTA BENGKULU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI TIKA VERONICA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Beras yang dipasarkan di wilayah Kota Bengkulu sangat beragam kualitas dan
kuantitasnya, melimpahnya beras yang memenuhi pasaran membuat para konsumen lebih
leluasa untuk memilih beras. Beras “Kembang Kol” merupakan salah satu beras yang
termasuk dalam beras yang berkualitas baik yang dipasarkan di Kota Bengkulu di
samping beras Hp, Paten, Brokoli, Beras Makyus, Beras Manggis, Beras Super dan lainlain. Beras “Kembang Kol” dengan berbagai atribut akan menjadi pertimbangan
konsumen dalam membelinya. Oleh karena itu, produsen atau pemasaran “Kembang
Kol” di Kota Bengkulu dituntut untuk mengetahui apa yang menjadi preferensi atau
kesukaan konsumen dan memberikan yang terbaik sesuai dengan tingkat konsumsi
terhadap beras “Kembang Kol”. Dengan berdasarnya uraian di atas, penulis tertarik ingin
melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi
tingkat konsumsi beras “Kembang Kol” di Kota Bengkulu, dengan adanya harapan agar
hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu landasan bagi pemerintah dan
instansi terkait dengan adanya suatu upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat di Kota
Bengkulu. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu yang pertama bagaimana tingkat
konsumsi beras “Kembang Kol” di Pasar Minggu Kota Bengkulu, kedua apa saja atribut
yang dianggap penting bagi konsumen beras “Kembang Kol” di Pasar Minggu Kota
Bengkulu, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat konsumsi beras
“Kembang Kol” di Pasar Minggu Kota Bengkulu. Tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah yang pertama untuk mengetahui tingkat konsumsi beras “Kembang
Kol” di Pasar Minggu Kota Bengkulu, kedua untuk mengetahui atribut apa saja yang
dianggap penting bagi konsumsi beras “Kembang Kol” di Pasar Minggu Kota Bengkulu,
dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi beras
“Kembang Kol” di Pasar Minggu Kota Bengkulu.
Penulis melakukan atau mengambil lokasi penelitian secara sengaja (purpossive)
di Pasar Minggu Kota Bengkulu dengan alasan bahwa pasar tersebut merupakan pusat
perbelanjaan keperluan rumah tangga serta mempunyai banyak distributor beras sehingga
memudahkan dalam menemukan produk dan konsumen beras “Kembang Kol” serta
dianggap telah mewakili konsumen beras “Kembang Kol” di Kota Bengkulu. Penentuan
responden dalam penelitian ini dengan cara accidental sampling, dilakukan dalam
wilayah Kota Bengkulu berlokasi di Pasar Minggu Kota Bengkulu dengan kriteria
responden ibu rumah tangga atau kepala rumah tangga yang ditemui di lokasi penelitian
tersebut sedang membeli beras “Kembang Kol” yang telah membeli dan mengkonsumsi
beras “Kembang Kol” minimal dua kali. Keseluruhan responden pada penelitian ini
berjumlah 96 orang responden dan dibagi kepada 3 UD Beras dengan pembagian sampel
masing-masing 32 orang agar setiap responden bisa mewakili di setiap UD Beras. Jenis
data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan sekunder. Metode
Analisis Data Untuk mengetahui bagaimana tingkat konsumsi responden beras
“Kembang Kol” di Kota Bengkulu, maka secara garis besar akan digambarkan secara
deskriptif. Dalam menganalisis preferensi terhadap atribut-atribut beras “Kembang Kol”
responden akan diberikan beberapa atau pernyataan-pernyataan dengan 5 kata dari
jawaban yaitu syarat setuju (SS) = skor 5, setuju (S) = skor 4, Ragu-ragu (R) = skor 3,
kurang setuju (KS) = skor 2, dari Tidak Setuju (TS) = Skor 1. Model analisis untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi beras “Kembang Kol”
oleh konsumen di Kota Bengkulu dilakukan dengan menggunakan model fungsi regresi
linear berganda pada aplikasi SPSS. Hasil pada penelitian yaitu yang pertama tingkat
konsumsi responden beras kembang kol beserta keluarganya rata-rata berjumlah 20
kg/bulan, kemudian warna, rasa, aroma dan kebanggaan menjadi atribut penting bagi
konsumen dalam mengkonsumsi beras kembang kol di pasar Panorama Kota Bengkulu
dan pendapatan, pendidikan, jumlah anggota keluarga dan usia berpengaruh nyata
terhadap tingkat konsumsi beras kembang kol di pasar Panorama Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Beras Kembang Kol, Pasar Minggu Kota Bengkulu, Regresi Linear
Berganda.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
|---|---|
| Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
| Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
| Depositing User: | sugiarti sugiarti |
| Date Deposited: | 27 May 2024 02:19 |
| Last Modified: | 27 May 2024 02:36 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18105 |

