ANALISIS PEMASARAN SAWI PUTIH DI KECAMATAN SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG

Yudi, Cahyadi and Satria, Putra Utama and Basuki, Sigit Priyono (2022) ANALISIS PEMASARAN SAWI PUTIH DI KECAMATAN SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI YUDI CAHYADI-E1D017148 - AGRIBISNIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Indonesia mempunyai sektor pertanian yang berkemungkinan cukup besar untuk
dikembangkan, terutama pada subsektor hortikultura. Biro Pusat Statistik Indonesia
(2019) menyatakan bahwa subsektor tanaman hortikultura sudah memberikan kontribusi
sebagai penyumbang terbesar terhadap pertumbuhan sektor pertanian di Indonesia, di
antaranya adalah hasil komoditas tanaman hias mencapai 870 juta tangkai, kemudian
komoditas buah yang berjumlah 21,5 juta ton, lalu komoditas sayuran yang berjumlah 13
juta ton dan komoditas tanaman obat yang berjumlah 676 ribu ton. Hal tersebut karena
Indonesia merupakan negara agraris yang berada di garis katulistiwa sehingga beriklim
tropis serta ditunjang dengan adanya potensi hayati (Biodiversitas) yang berlimpah.
Selain itu juga kondisi tanahnya subur dan intensitas cahaya matahari juga merata di
seluruh wilayah. Salah satu sayuran holtikultura yang diminati oleh masyarakat Indonesia
adalah sawi.
Sawi dikenal sebagai tanaman sayuran beriklim sub-tropis (sedang), tetapi
sekarang sedang berkembang pesat pada iklim panas di daerah tropis. Di Indonesia, pada
daerah dataran rendah tanaman sawi lebih banyak ditanam. Sawi putih adalah salah satu
dari sekian macam sawi yang banyak diminati sama konsumen Indonesia. Sawi putih
mempunyai serat yang tinggi, memiliki asam askorbat dan kandungan pro vitamin A
(Kusuma, 2012).
Rejang Lebong adalah kabupaten dengan produksi dan produktivitas sawi putih
atau petsai terbesar yang berada di Provinsi Bengkulu. Pada tahun 2019, produksi sawi
putih di Rejang Lebong mencapai 28.793.000 Kg dan produktivitasnya mencapai 14.872
Kg/Ha (BPS Bengkulu, 2020). Di Rejang lebong sentra produksi sawi putih (Petsai)
berada di Kecamatan Selupu Rejang. Produksi Sawi Putih di Kecamatan Selupu Rejang
sebesar 6.323.800 kg pada tahun 2019 (BPS Rejang Lebong, 2020).
Berdasarkan pengamatan sementara dalam jual beli sawi putih segar yang telah
berjalan dari produsen ke konsumen, belum terdapat kontrak atau perjanjian yang pasti.
Sehingga memungkinkan untuk terjadinya perbedaan-perbedaan saluran pemasarannya.
Dengan perbedaan saluran pemasaran tersebut akan mempengaruhi harga yang diterima
oleh petani sehingga berpengaruh pada penerimaan petani. Petani selaku produsen
umumnya mendapatkan harga cenderung lebih murah dari harga yang dikeluarkan oleh
konsumen. Keadaan tersebut di sebabkan karena terjadi rantai pemasaran yang
meninggikan harga pada setiap lembaga pemasaran. Tingginya biaya pada tiap lembaga
pemasaran antara lain di pengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya adalah proses
pengangkutan sawi putih segar dari lahan sampai ke pinggir jalan, pengangkutan dari
pinggir jalan ke pedagang pengumpul, penyimpanan, kerusakan dan tingginya
keuntungan yang ingin diperoleh pada lembaga pemasaran.
Penelitian ini dilakukan pada tanggal 06 Oktober – 04 November 2021 di
Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian pemasaran sawi putih
bertujuan untuk menganalisis bentuk saluran pemasaran sawi putih di Kecamatan Selupu
Rejang Kabupaten Rejang Lebong, menganalisis besar margin pemasaran yang diperoleh
masing-masing lembaga pemasaran sawi putih di Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten
Rejang Lebong, menganalisis besar keuntungan pemasaran dan saluran pemasaran sawi
putih di Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong, menganalisis persentase
bagian harga yang diterima oleh petani sawi putih di Kecamatan Selupu Rejang
Kabupaten Rejang Lebong serta menganalisis persentase tingkat efesiensi pemasaran
pada saluran pemasaran sawi putih di Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang
Lebong.
Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara Purposive atau sengaja, dengan
pertimbangan bahwa daerah penelitian merupakan sentra produksi sawi putih yang
berada di Kabupaten Rejang Lebong. Responden petani sawi putih ditentukan
menggunakan rumus Slovin metode Simple Random Sampling sedangkan penentuan
responden lembaga pemasaran menggunakan metode Snowball Sampling dan yang
menjadi target research ini adalah petani sawi putih dan lembaga pemasaran penyaluran
sawi putih sampai ke konsumen. Data yang dikumpulkan berupa data primer yang
diperoleh melalui wawancara langsung dengan petani dan lembaga pemasaran dan data
sekunder yang diperoleh dari literatur melalui sumber-sumber yang telah dipublikasikan
atau diposting oleh pihak yang bersangkutan.
Dari hasil research didapatkan, saluran pemasaran sawi putih di Kecamatan
Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong dari petani sampai ke konsumen memiliki 4
pola saluran pemasaran yakni: Saluran I: Petani → Pedagang Pengumpul → Pengecer →
Konsumen. Saluran II: Petani → Pedagang Pengumpul → Pedagang Besar →
Konsumen. Saluran III: Petani → Pedagang Pengumpul → Konsumen dan Saluran IV:
Petani → Pedagang Besar → Konsumen. Margin pemasaran sawi putih di Kecamatan
Selupu Rejang pada saluran pemasaran I di Desa Mojorejo, Desa Suban Ayam dan
Kelurahan Air Duku secara berturut-turut sebesar Rp.1.142,00/Kg, Rp.1.171,43/Kg dan
Rp.1.215,83/Kg. Saluran pemasaran II, margin pemasarannya sebesar Rp.692,00/Kg,
Rp.771,43/Kg dan Rp.782,50/Kg. Selanjutnya pada saluran pemasaran III, marginnya
sebesar Rp.392,00/Kg, Rp.421,43/Kg dan Rp.445,00/Kg. Sedangkan pada saluran
pemasaran IV, marginnya sebesar Rp.672,73/Kg, Rp.716,67/Kg dan Rp.733,33/Kg.
Keuntungan pemasaran sawi putih yang didapatkan lembaga pemasaran untuk
pedagang pengumpul pada saluran pemasaran I di Desa Mojorejo, Suban Ayam dan
Kelurahan Air Duku secara berturut-turut sebesar Rp.171,92/Kg, Rp.216,58/Kg dan
Rp.220,24/Kg. Keuntungan yang didapatkan lembaga pemasaran pedagang pengecer
adalah Rp.221,90/Kg, Rp.293,80/Kg dan Rp.161,17/Kg. Pada saluran pemasaran II
keuntungan yang didapat pedagang pengumpul adalah Rp.171,92/Kg, Rp.216,58/Kg, dan
Rp.220,24/Kg. Keuntungan lembaga pemasaran pedagang besar adalah Rp.43,47/Kg,
Rp.85,09/Kg dan Rp.58,33/Kg. Selanjutnya, saluran pemasaran III keuntungan yang
didapat pengumpul adalah Rp.171,92/Kg, Rp.216,58/Kg, dan Rp.220,24/Kg. Sedangkan
pada saluran pemasaran IV keuntungan yang diperoleh oleh lembaga pemasaran
pedagang besar sebesar Rp.416,20/Kg, Rp.451,76/Kg dan Rp.454,16/Kg.
Bagian harga yang diterima oleh petani (Farmer’s Share) pada saluran pemasaran
I di Desa Mojorejo, Desa Suban Ayam dan Kelurahan Air Duku secara berturut-turut
sebesar 45,62%, 44,22% dan 43,01%. Saluran pemasaran II, farmer’s share yang
didapatkan sebesar 58,06%, 54,62% dan 53,97%. Selanjutnya saluran pemasaran III,
famer’s share yang diperoleh sebesar 70,96%, 68,78% dan 67,34%. Sedangkan pada
saluran pemasaran IV, share yang didapatkan petani sebesar 59,23%, 57,84% dan
56,86%. Semakin besar persentase bagian harga yang diterima oleh petani maka semakin
bagus. Sehingga didapatkan share yang paling bagus adalah pada saluran pemasaran III
dan saluran pemasaran IV. Selanjutnya, efisiensi pemasaran sawi putih di Kecamatan
Selupu Rejang memiliki nilai dibawah 33%, sehingga pemasaran sawi putih di
Kecamatan Selupu Rejang secara keseluruhan adalah efisien. Saluran pemasaran yang
paling efisien adalah saluran pemasaran di Desa Suban Ayam karena memiliki nilai yang
paling rendah dari saluran lainnya.
Kata Kunci: Sawi Putih, Pemasaran, Saluran, Margin, Farmer’s Share, Efisiensi

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 27 May 2024 02:40
Last Modified: 27 May 2024 02:40
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18107

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor