PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERORIENTASI LITERASI SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA NEGERI 3 BENGKULU TENGAH

Silaban, Ronawati and Rina, Elvia and Febrian, Solikhin (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERORIENTASI LITERASI SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA NEGERI 3 BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_RONAWATI SILABAN_A1F017018.pdf] Text
SKRIPSI_RONAWATI SILABAN_A1F017018.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan respon
peserta didik terhadap e-modul kimia berorientasi literasi sains pada materi
kesetimbangan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan
ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu; Analysis (analisis), Design (desain),
Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan
Evaluation (evaluasi), namun pada penelitian ini dibatasi sampai tahap
implementasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive
sampling, yaitu kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah yang
berjumlah 29 peserta didik. Data penelitian diperoleh dari angket validasi ahli
media, angket validasi ahli materi, dan respon peserta didik terhadap e-modul
yang dikembangkan. Tingkat kelayakan e-modul berdasarkan validasi ahli
media sebesar 94,31% yang menyatakan bahwa tampilan dalam e-modul
sudah layak dari aspek media, validasi ahli materi sebesar 89,77% yang
menyatakan bahwa materi dalam e-modul sudah layak dari aspek materi dan
berorientasi literasi sains. Respon peserta didik terhadap e-modul sebesar
85,73% yang menyatakan bahwa peserta didik memberikan respon yang
sangat positif terhadap e-modul yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan
bahwa e-modul kimia berorientasi literasi sains pada materi kesetimbangan
kimia sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: E-modul kimia, Literasi Sains, Kesetimbangan Kimia

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jun 2024 08:24
Last Modified: 10 Jun 2024 08:24
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18353

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor