Sinaga, Tiara Nitaria and Nurhamidah, Nurhamidah and Dewi, Handayani (2022) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN KARTU TRUTH AND DARE DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI TIARA NITARIA SINAGA_A1F015030.pdf [thumbnail of SKRIPSI TIARA NITARIA SINAGA_A1F015030.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI TIARA NITARIA SINAGA_A1F015030.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar kimia
siswa materi sifat periodik unsur pada dua kelas X MIPA di SMA Negeri 02
Mukomuko dengan media permainan kartu Truth and Dare. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan
populasi kelas X MIPA di SMAN 2 Mukomuko dan sampel adalah kelas X
MIPA 2 dan kelas X MIPA 3. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X Mipa
3 sebagai kontrol dengan pembelajaran konvensional dan kelas X MIPA 2
sebagai eksperimen menggunakan media truth and dare. Analisa data
yang digunakan yaitu nilai rata-rata postest, uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji t. Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pretest
dan posttest dengan rata-rata 39,36 dan 47,74 untuk kelas kontrol
sedangkan pada kelas eksperimen 26,67 dan 68. Kemudian dilakukan uji
t dengan taraf signifikan (α=0,05), maka didapatkan nilai t-hitung sebesar
3,290 dan t-tabel 1,7084. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan
media kartu Truth and Dare dengan kelas yang tidak menggunakan media
kartu Truth and Dare.
Kata Kunci: N-Gain Score, Media Permainan Kartu Truth or Dare, Kuasi
Eksperimen.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 09:14 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 09:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18407 |