MUHAMMAD, NASHIRUDIN and Agus, Suandi and Agus, Nuramal (2023) RANCANG BANGUN MOTOR BRUSHLESS DIRECT CURRENT (BLDC) AXIAL-FLUX. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Teknik.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi_Muhammad Nashirudin_G1C018021_Rancang Bangun Motor Brushless Direct Current_compressed - Muhammad Nashirudin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Motor brushless direct current axial flux magnet permanent (BLDC AFMP)
memiliki power density yang tinggi, efisiensi yang tinggi, tidak bising dan ramah
lingkungan. Pada penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancang bangun
motor brushless direct current axial flux magnet permanent (BLDC AFMP) dan uji
kelayakan motor axial flux brushless direct current (AFBLDC) sehingga diketahui
performa dari motor axial flux brushless direct current (AFBLDC) sebagai
pengerak kendaraan listrik.
Perancangan dilakukan secara kuantitatif dengan didasarkan rancangan
bangun pada daya input 24 watt, magnet neyodimium (N52) dan skema Y star pada
belitan stator. Data pengujian berupa putaran, daya dan torsi yang diolah menjadi
efisiensi dari performa motor axial flux brushless direct current (AFBLDC) seta
disajikan dalam bentuk grafik.
Motor axial flux brushless direct current (AFBLDC) yang dibuat memiliki
faktor Erorr sekitar 3,9 % yang dihitung dari asumsi perancangan dengan daya
input 24 watt dengan putar terhitung sebesar 3000 RPM namun saat dilapangan
daya input 24,55 watt berputar 2948,8 RPM. Pengujian tanpa pembebanan
diketahui bahwa semakin tinggi daya input pada motor maka akan semakin tinggi
putaran motor. Pengujian motor menggunakan pembebanan (torsi) memiliki
efisiensi tertinggi sebesar 21,24 % pada kondisi torsi 0,04 Nm putaran 1579,4 dan
setelah nilai puncak, efisiensi akan mengalami penurunan akibat slip. Dari
pengujian, motor axial flux brushless direct current (AFBLDC) yang akan
diaplikasikan pada kendaraan listrik perlu adanya perbaikan seperti
mempertimbangkan kontruksi dan presisi, pemilihan kawat dan kontroler yang
digunakan dan besar daya input motor serta perbaikan alat ukur.
Kata Kunci : motor BLDC, axial flux, error, torsi, daya input, efisiensi, putaran,
dan slip
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 04:27 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 04:27 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18553 |