TANGGUNG JAWAB PENGELOLA TERHADAP KERUGIAN WISATAWAN DI OBJEK WISATA DANAU MAS HARUN BASTARI

Daniel, Syaban Sulaiman and Wafiya, Wafiya and Rahma, Fitri (2023) TANGGUNG JAWAB PENGELOLA TERHADAP KERUGIAN WISATAWAN DI OBJEK WISATA DANAU MAS HARUN BASTARI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
Dokumen dari Daniel Syaban Sulaiman - Daniels Sulaiman.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Dalam pengelolaan pariwisata yang dikelola oleh Pemerintah Daerah yang
mengamanahkan dalam pengelolaan untuk mampu dan berhak mengurus pariwisata
serta dapat memanfaatkan potensi pariwisata salah satunya dengan cara
pengembangan yang meliputi pemasaran pariwisata, komunikasi informasi dan
media massa, sumberdaya pengelola pariwisata, serta dapat berkontribusi pada
penerimaan penpadapatan asli daerah. Pengelolaan pariwisata yang baik memiliki
banyak manfaat bagi masyarakat dan bagi Negara, manfaat pariwisata dapat dilihat
dari berbagai perspektif, beragam manfaat pariwisata mulai dari segi ekonomi,
sosial budaya, lingkungan hidup, nilai pergaulan dan ilmu pengetahuan, serta
diharapkan dapat membuka peluang ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan
ekonomi masyarakat sekitar Danau Mas Harun Bastari. Kesimpulan dari penelitian
yang telah dilakukan ini adalah : (1) tanggung jawab atas keamanan dan
keselamatan wisatawan yang berkunjung, sebagaimana mengacu dari beberapa
kasus yang terjadi seperti Pengunjung mengalami kejambretan, luka-luka saat
berwisata dan lukaluka saat menggunakan flying fox, dalam kasus ini perusahaan
tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Pengunjung, seharusnya
semua kerugian ditanggung oleh pengelola objek wisata Danau Mas Bastari sesaui
dengan amanat Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan,
(2) Belum terwujudnya tanggung jawab hukum dari pengelola objek wisata Danau
Mas Harun Bastari terhadap kecelakaan ataupun kerugian yang dialami wisatawan
disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat, faktor sarana/fasilitas yang kurang
memadaidan lemahnya pengawasan dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.
Kata Kunci : Pengembangan, Pariwisata, Tanggung Jawab.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 28 Jun 2024 04:57
Last Modified: 28 Jun 2024 04:57
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18680

Actions (login required)

View Item
View Item