ANALISIS BUKU MATEMATIKA KELAS V SD DITINJAU DARI LITERASI MATEMATIKA

Damayanti, Seri and Victoria, Karjiyati and Neza, Agusdianita (2022) ANALISIS BUKU MATEMATIKA KELAS V SD DITINJAU DARI LITERASI MATEMATIKA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI - SERI DAMAYANTI (A1G019019).pdf] Text
SKRIPSI - SERI DAMAYANTI (A1G019019).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sajian literasi matematika
komponen proses, konten, dan konteks pada buku matematika siswa kelas V
Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini
adalah Buku Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi
Revisi 2018. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar review
ahli, lembar dokumentasi, dan hasil analisis buku matematika siswa kelas V
Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa
persentase kemunculan pada indikator komponen proses yaitu 100%. Persentase
kemunculan pada komponen konten yaitu 100% dan persentase pada komponen
konteks yaitu 62.5%. Dapat disimpulkan bahwa persentase kemunculan komponen
konteks lebih rendah daripada komponen proses, dan konten. Secara keseluruhan
dapat dilihat bahwa persentase dari hasil analisis sudah cukup tinggi hal ini
menunjukkan bahwa buku Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kurikulum
2013 Edisi 2018 sudah memuat aspek-aspek literasi matematika.
Kata Kunci: Buku Matematika, Literasi Matematika, Proses, Konten, Konteks

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:30
Last Modified: 09 Jul 2024 08:30
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18836

Actions (login required)

View Item
View Item