PERBANDINGAN DISCOVERY LEARNING DAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DILIHAT DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENYAJIAN DATA DI SMP N 2 KOTA BENGKULU

Anisah, Sa’bandiyah and Alexon, Alexon and Abas, Abas (2023) PERBANDINGAN DISCOVERY LEARNING DAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DILIHAT DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENYAJIAN DATA DI SMP N 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
A1C019067_Anisah Sa'bandiyah_SKRIPSI - 067 Anisah Sa'bandiyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Pemahaman konsep diperlukan oleh peserta didik untuk menyelesaikan
permasalahan. Proses pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep
pada kelas yaitu dengan menggunakan model discovery learning dan
pembelajaran saintifik. Namun, perlu dilakukan penelitian lagi yang manakah
lebih baik/tinggi untuk meningkatkan pemahaman konsep atau tidak ada
perbedaan dari kedua kelas tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui perbandingan antara model discovery learning dan
pembelajaran saintifik dilihat dari kemampuan pemahaman konsep matematis
peserta didik pada materi penyajian data di SMPN 2 Kota Bengkulu. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII�H (kelas eksprimen 1) yang berjumlah 34 orang peserta didik dan kelas VII-F
(kelas eksperimen 2) yang berjumlah 33 orang peserta didik. Pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman
konsep matematis. Hasil dari pengujian hipotesis kemampuan pemahaman konsep
matematis menggunakan uji t dua sampel independen diperoleh nilai
yakni Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan
model discovery learning lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep
matematis peserta didik yang menggunkan pembelajaran saintifik pada materi
penyajian data di SMPN 2 Kota Bengkulu. Hasil temuan dari penelitian ini
menunjukkan bahwa kelima indikator pemahaman konsep yang digunakan pada
kelas discovery learning lebih baik dari saintifik.
Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis,
Pembelajaran Saintifik

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:01
Last Modified: 10 Jul 2024 08:01
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18859

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200