DESKRIPSI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO YOUTUBE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 61 KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Candra, Elgi Tri and Resnani, Resnani and Nani, Yuliantini (2022) DESKRIPSI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO YOUTUBE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 61 KABUPATEN BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi Elgi Tri Candra (A1G018110).pdf] Text
Skripsi Elgi Tri Candra (A1G018110).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan
serta kualitas media video youtube pada pembelajaran Tematik Kelas V di SDN
61 Kabupaten Bengkulu Tengah. Dalam penelitian ini menggunakan metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di
SDN 61 Kabupaten Bengkulu Tengah. Subyek penelitian ini adalah Guru dan
siswa kelas V SDN 61 Kabupaten Bengkulu Tengah. Instrumen utama dalam
penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dengan bantuan pedoman wawancara,
lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian
dianalisis secara kualitatif berdasarkan hasil wawancara, observasi dan
dokumentasi. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa pada penggunaan
media video youtube oleh guru di SDN 61 Kabupaten Bengkulu Tengah, belum
mengikuti langkah-langkah pembelajaran menggunakan media video youtube
yang benar, yaitu dari kedelapan langkah-langkah diantaranya persiapan materi,
persiapan kelas, mempersiapkan diri, membangkitkan kesiapan siswa, mendengar
dan melihat materi audio-visual, diskusi, tanya jawab dan kegiatan akhir, guru
tidak melaksanakan kegiatan mempersiapkan kelas dan membangkitkan kesiapan
siswa serta dalam pemilihan media video youtube sebagai media pembelajaran
guru belum memperhatikan keenam aspek dalam pemilihan media video youtube
sebagai media pembelajaran, karena dari keenam aspek yang harus diperhatikan
dalam pemilihan media video youtube sebagai media pembelajaran yaitu aspek isi
(materi), aspek kemanfaatan, aspek tampilan, aspek bahasa, aspek audio, dan
aspek waktu masih ada video youtube yang digunakan sebagai media
pembelajaran yang belum memenuhi aspek isi (materi) dan aspek tampilan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video
youtube pada pembelajaran Tematik Kelas V di SDN 61 Kabupaten Bengkulu
Tengah belum berpedoman pada langkah-langkah yang benar serta kualitas media
video youtube yang digunakan sebagai media pembelajaran belum memenuhi
keenam aspek dalam pemilihan media video youtube sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Video Youtube, Tematik.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:09
Last Modified: 16 Jul 2024 04:09
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18994

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200