Simbolon, Hironima Sriyani and Herman, Lusa and Pebrian, Tarmizi (2022) STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER JIWA NASIONALISME PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI 71 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![P UNIBbbb.pdf [thumbnail of P UNIBbbb.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
P UNIBbbb.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembentukan
karakter jiwa nasionalisme di SD Negeri 71 Kota Bengkulu. Penelitian ini bersifat
kualitatif deskriptif. subjek pada penelitian ini adalah guru, siswa dan kepala
sekolah. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan metode obesevasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa peran guru sudah cukup baik dalam membentuk karakter
nasionalisme peserta didik disekolah. hal ini ditunjukan melalui 3 cara yang guru
gunakan dalam membimbing peserta didik untuk membentuk karakter
Nasionalisme, yaitu guru sebagai teladan, guru sebagai inspirator dan guru
sebagai motivator, hal ini ditunjukan guru melalui kegiatan rutin yang dilakukan
sehari-hari disekolah yaitu saat upacara bendera, menyanyikan lagu wajib dan
nasional, serta menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. guru terlihat
memberikan contoh sikap dan berperilaku yang baik saat berada disekolah. hal ini
didukung saat kegiatan upacara yang dilakukan setiap hari senin, guru terlihat
membantu melatih dan membimbing peserta didik sebagai petugas upacara, pada
saat upacara berlangsung, guru juga menunjukan sikap tertibnya selama upacara
berlangsung, pada saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, guru juga
terlihat bersemangat dan menghayati lagu yang dinyanyikan bersama. saat
berkomunikasi, tegur sapa, dan salam guru terlihat menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar ketika berhadapan dengan sesama guru dan peserta
didik. hal ini dilakukan oleh guru guna membiasakan peserta didik untuk
membentuk karakter diri yang memiliki sikap jiwa nasionalisme yang tinggi.
hasilpenelitian ini menunjukan bahwa, guru telah menunjukan bahwa guru dan
kepala sekolah telah menujukan sikap dan tingkah yang mendukung pembentukan
karakter jiwa nasionalisme kepada peserta didik melalui perannya sebagai teladan,
inspirator, dam motivator.
Kata Kunci : Peran guru, pembentukan, karakter, nasionalisme
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 08:29 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 08:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18997 |