KONSEPSI GEOMETRI PADA ETNOMATEMATIKA PANE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Inzoni, Inzoni and Bambang, Parmadie and Neza, Agusdianita (2022) KONSEPSI GEOMETRI PADA ETNOMATEMATIKA PANE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI INZONI-PGSD-FKIP-UNIB-2018.pdf] Text
SKRIPSI INZONI-PGSD-FKIP-UNIB-2018.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsi geometri bangun datar
dan bangun ruang pada Etnomatematika pane sebagai sumber belajar Matematika
di Sekolah Dasar kabupaten Kepahiang. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Populasi pada penelitian ini adalah
suku Rejang di Kabupaten Kepahiang dan sampel pada penelitian ini adalah
pengrajin alat tradisional pane suku Rejang di desa Daspetah kabupaten
Kepahiang. Instrumen penelitian utama yang digunakan berupa peneliti itu sendiri
serta pendukung berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang
digunakan dalam menganalisis data penelitian ini mengunakan standar analisis
data dari grounded theory. Adapun konsepsi geometri pada alat tradisional pane
suku Rejang terdapat konsep bangun datar berupa lingkaran dan persegi panjang
dan juga terdapat konsepsi bangun ruang tabung terbuka. Konseps matematika
yang terdapat pada alat tradisional pane suku Rejang dapat dijadikan sebagai
sumber belajar berupa tawaran media pembelajaran Matematika di Sekolah
Dasar.
Kata Kunci : Etnomatematika, Pane, Suku Rejang, Konsepsi Matematika

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:06
Last Modified: 18 Jul 2024 02:06
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19017

Actions (login required)

View Item
View Item